Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Fakta Unik Tentang Bunga Sakura

Fakta Unik Tentang Bunga Sakura – Bunga sakura adalah salah satu bunga yang berasa dari Jepang, atau di kenal dengan negara matahari. Bunga sakura ini adalah salah satu simbol atau lambang kepercayaan negeri sakura yang dapat membuat kebahagian, romantis, dan juga keharmonisan dalam sebuah hubungan.

Bunga sakura ini biasanya bermekaran pada musim semi, yang memiliki warna pink atau merah muda yang sangat cantik dan indah di lihat. Selain itu, bunga sakura ini memiliki beberapa jenis yang menyebar di daerah Jepang sekitar 100 jenis bahkan lebih tumbuh da berkembang di negara tersebut. Tetapi perlu diketahui, bunga sakura ini juga tidak hanya tumbuh dengan baik dinegara Jepang, anda bisa menemukan bunga sakura ini berwarna putih di negara lain, termasuk di Amerika Serikat, dan Italia.

Selain itu, bunga sakura ini juga menyimpan beberapa fakta unik  yang harus di ketahui diantara adalah sebagai berikut :

1. Es Krim Sakura

1

Negara Jepang memang sangat menyukai Bunga Sakura, bahkan membuatnya menjadi sebuah es krim sakura. Hal ini dibuktikan berdasarkan sebuah iklan dari perusahaan yang berusaha menyakinkan masyarakat dan turis yang masuk ke negara Jepang, bahwa piknik Hanamu semakin hangat dengan sebuah produk mereka buat.

2. Sebagai simbol Harapan

2

Bunga nasional ini di negera Jepang merupakan salah satu simbol atau lambang pembaruan dan harapan. Hal ini dikarenakan semenjak munculnya bunga tersebut, membawa sejuta kedamaian pada musik semi yang datang. Waktu yang tepat untuk menyakisikan kelimpahan pesona dan kecantikan bunga sakura ini adalah antara akhir Maret hingga pertengahan April.

3. Daun Bunga Sakura Dapat Dimakan

2

Selain dapat menikmati keindahanya, bunga sakura ternyata dapat bisa dimakan. Tetapi harus melakukan sebuah proses yang di kenal dengan sebutan shiozuke atau pengaraman, bunga ini akan menjadi sakurazuke. Sakurazuke adalah makanan yang di bungkus atau dilapisi sebuah roti atau sakura mochi. Biasanya banyak di konsumsi atau dimakan pada musim sakura.

4. Bunga Sakura Dapat Diminum

2

Selain dapat dikonsumsi, ternyata bunga sakura dapat juga diminum. Dengan memasukan sakurazuke kedalam air panas. Kemudian nikmati selagi panas sama halnya seperti ketika menikmati sebuah teh. Minuman ini di kenal dengan nama sakurayu. Biasanya diminum dan disediakan ketika ada sebuah acara besar seperti pernikahan.

5. Pohon Sakura Tertua

2

Dinegara Jepang ada beberapa bunga sakura tertua didunia yang di kenal dengan nama Jindai Zakura. Pohon sakura ini diperkirakan tumbuh sekitar 2000 tahun. Pohon ini memiliki ketinggian mencapai 13.5 meter, yang terletak di sebuah Kuil Jissou yang berada di prefektur Yamanashi.

6. Hanya Bertahan Seminggu

2

Bunga sakura memang dapat cepat bermerakan, namun juga akan cepat mengalami mati atau gugur. Bunga sakura ini mulai berguguran ketika baru bermekaran. Bunga tersebut akan berguguran yang akan menutupi perakaran di sekeliling pohon yang akan tampak indah. Namun, sayangnya bunga sakura ini tidak dapat bertahan seminggu ketika sudah melewati waktunya semua bunga sakura akan mengalami keguguran hingga habis di permukaan tanah.

7. Nama Sakura Sesuai Jumlah Daun Bunga

2

Secara umumnya, memang biasa disebut dengan sakura. Namun orang jepang dapat membedakan jenis bunga sakura berdasarkan jumlah daun bunganya. Jika daun bunga berjumlah 5 makan dinamakan hitoe. Namun, jika jumlah daun bunganya 5-10 maka dinamakan hanyae, jika lebih dari 10 makana dinamankan Yae.

Baca juga :

Itulah ulasan mengenai fakta unik tentang bunga sakura semoga informasi berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme