Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Jenis – Jenis Tanaman Sawi Budidaya

Jenis – Jenis Tanaman Sawi Budidaya – Tanaman sawi merupakan jenis tanaman sayuran yang sangat di kenali dan populer. Tanaman ini sudah banyak yang membudidayakan baik di negara indonesia  maupun negara lainnya. Selain mudah di budidayakan tanaman memiliki daya pertumbuhan yang sangat cepat dan juga memiliki nilai ekonomis yang relatif tinggi.

1

Nilai ekenomis yang tinggi membuat para petani ingin membudidayakan tanaman sawi ini. Sawi ini di kenal sebagai caisim, kubis dan lobak atau lainnya , tergantung dengan daerah masing-masing. Sebelum membudidayakan harus menentukan jenis dan macam sawi, dengan begitu akan memudahkan untuk mencapai tujuan pembudidayaan. Berikut ada 4 jenis sawi yang dapat di budidayakan.

Jenis – Jenis Tanaman Sawi Budidaya

a. Sawi Hijau ( Sawi bunga )

Sawi hijau ( Brassica compestris sp. ) merupakan jenis sawi yang sangat populer di budidayakan. Tanaman sawi hijau ini memiliki batang pendek, daun berwarna keputih-putihan, dan juga memiliki rasa pahit. Tanaman ini dapat tumbuh baik dengan temparatur suhu normal, dan juga baik di budidayakan di dataran tinggi yang mengandung bahan organik serta unsur hara yang baik.

b. Sawi Putih ( Pak choy )

Sawi putih ( B. Juncea L ) merupakan jenis yang sangat di sukai banyak orang dan juga banyak yang membudidayakan tanaman ini. Tanaman sawi ini memiliki bentuk bunga berwarna kuning cerah, daun berwarna hijau mudah hingga tua, memiliki batang pendek dan tidak memiliki rasa. Tanaman sawi ini dapat di budidayakan di dataran rendah dan dataran tinggi dengan berbagai media, harus memiliki curah hujan baik, media tanam memiliki kandungan organik tinggi, subur da gembur. Dan cahaya matahari yang memadai.

c. Sawi Jepun ( Siow pak choi )

Sawi jepun ( Barssica camprestis sp ) merupakan jenis sayuran sawi yang banyak di budidayakan di wilayah tertentu. Tanaman ini memiliki batang pendek berwrna putih, pangkal daun bergaris atau mengkerut kebawah, berwarna hijau muda dan tua. Tanaman ini banyak di budidayakan di wilayah tertentu dengan suhu normal, cahaya matahari memadai, media tanah subur, gembur dan banyak mengandung bahan organik dan memiliki curah hujan yang baik.

d. Sawi Pahit ( Bitter mustard )

Sawi pahit ( Brassica juncea var rugosa ) merupakan salah satu jenis tanaman sawi terakhir yang paling populer di indonesia. Tanaman ini selain populer juga memiliki daya jual yang sangat tinggi dan juga mudah di budidayakan. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau muda hingga hijau tua, memiliki batang pendek berwrna putih, bunga berwrna kuning cerah, memiliki biji mengkilap berwrna hitam dan juga memiliki rasa khas pahit. Tanaman sawi pahit ini dapat di budidayakan di dataran rendah dan tinggi, dengan suhu normal, media tanam gembur, subur dan banyak mengandung bahan organik dan juga pertumbuhan yang sangat cepat.

Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme