Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi – Tanaman sawi memilikia nama latin “ Brassica juncea L.” Merupakan tanaman jenis sayuran semusim. Tanaman ini masih berfamili dengan kubis-kubisan berupa kubis bunga, brokoli dan lobak atau di sebut Crucifera ( Brassicaceae ).

1

Oleh karena itu, tanaman sawi ini memiliki morfologi yang hampir sama , terumaanya di bagian akar, batang, daun, bunga, buah dan juga biji. Tanaman sawi ini juga merupakan kelompok tanaman sayuran duan yang memiliki kandungan tinggi bagi kesehatan tubuh. Biasnya di gunakan sebagai bahan tambahan masakan bahkan juga untuk lalapan.

Klasifikasi Tanaman Sawi

Kingdom : Plantae

Sub Kingdom : Tracheobinonta

Super Divisio : Spermatophyta

Divisio : Magnoliophyta

Kelas : Magnoliophyta

Sub kelas : Dileniidae

Ordo : Capparales

Familia : Brassicaceae

Genus : Brassica

Spesies : Brassica juncea L.

Morfologi Tanaman Sawi

Secara umumnya tanaman sawi memiliki tiga jenis yang dapat di budidayakan yaitu sawi  putih ( sawi jabung ), sawi hijau, dan sawi buma. Sawi putih ( B.juncea L. Var Rugosa Roxb & Prain ) memiliki bentil batang pendek, tegak, dan juga memiliki daun lebar berwrna hijau tua. Sawi hijau memiliki batang pendek, daun berwarna keputih-putihan dan juga memiliki rasa yang pahit. Sedangkan sawi huma memiliki batang pendek, kecil dan juga tanamannya mini atau kerdil. Berikut morfologi tanaman sawi atau caisim :

a. Akar

Tanaman sawi memiliki akar tunggang dan akar bercabang membentuk bulat panjang yang menyebar ke permukaan tanah, akar ini dapat menembus ke tanah sedalam 30-50 cm. Hal ini berfungis untuk menyerap unsur air dan zat makanan dari dalam tanah.

b. Batang

Tanaman sawi memiliki batang pendek dan beruas, sehingga tidak kelihatan. Batang tanaman ini berfungsi untuk menopang atau menyangga berdirinya daun sawi. Sawi juga memiliki daun yang sangat halus , dan tidak berbulu serta memiliki tangkai yang berbentuk pipih.

c. Daun

Tanaman  sawi memiliki daun berbentuk lonjong dan bulat, lebar berwarna hijau mudah dan tua. Serta tidak memiliki bulu. Daun pada tanaman ini memiliki tangkai daun panjang dan pendek, sempit atau lebar berwrna putih hingga berwarna hijau, bersifat kuat dan halus.

d. Bunga

Tanaman sawi memiliki bunga yang memanjang dan juga bercabang banyak. Tanaman ini memiliki bunga  yang terdiri dari empat kelopak daun, empat mehakota bunga berwrna kuning cerah, empai helai benang sari dan satu buah pitik berongga dua. Penyerbukan tanaman ini di bantu dengan angin dan binatang kecil sekitar.

e. Buah dan biji

Tanaman sawi memiliki buah bulat atau lonjong, berwarna keputihan hingga kehijauan, dan tiap satu buah memiliki biji 2-8 butir biji. Biji tanaman sawi berbentuk bulat kecil berwarna coklat hingga kehitaman, memiliki permukaan licin, mengkilap, keras dan juga berlendir.

Artikel Terkait Sawi : 

Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Sawi

Cara Budidaya Sawi Secara Hidroponik

Jenis – Jenis Tanaman Sawi Budidaya

Baca juga : Cara Pembibitan Kelapa Sawit Dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme