Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Bandeng Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Bandeng Bagi Kesehatan – Ikan bandeng adalah salah satu ikan laut yang sudah sangat dikenal dan juga populer di kalangan berbagai masyarakat. Ikan ini juga merupakan ikan yang banyak di budidayakan dan dikembangkan di berbagai daerah, yang memiliki nilai ekonomis yang sangat tingi. Bukan hanya itu saja, menurut dari sebuah pakar kesehatan ikan bandeng ini memiliki kandungan nutrisi atau gizi yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

1

Ikan bandeng ini memiliki bentuk pipih memanjang, dengan warna abu – abu kecoklatan dengan berat menca[ai ½ – 1 kg per ikan. Biasanya ikan ini digunakan sebagai hidangan utama masakan yang sangat banyak di temukan di restoran atau warung lainnya. Ada beberapa kandungan gizi yang harus di ketahui dari ikan bandeng dan juga manfaat ikan bandeng untuk kesehatan diantara adalah sebagai berikut.

Kandungan gizi ikan bandeng dalam 100 gram per ekornya.

Kandungan Satuan
Energi 129 kkal
Protein 20 gram
Lemak 4.8 gram
Kalsium 20 mg
Fosfor 150 mg
Zat besi 2 mg
Vitamin A 150 IU
Vitamin B1 0,05 mg

Dengan memiliki kandungan tersebut ikan bandeng, ada beberapa manfaat lainnya dari ikan bandeng untuk kesehatan tubuh yatu adalah :

1. Menurunkan kolesterol  

Kandungan lemak tak jenuh yang didalam ikan bandeng ini juga dapat membantu untuk menurunkan kolesterol anda, selain itu juga mencegahnya penumpukan lemak dalam tubuh yang memicuh kegemukan bahkan keobesitasan dalam tubuh anda.

2. Menurunkan hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah adalah salah satu masalah yang banyak di derita banyak masyarakat, bahkan dunia menderita penyakit hipertensi ini. Kandungan didalam ikan bandeng ini akan membantu menormalkan tekanan darah anda menjadi normal dan juga membantu untuk melancarkan peredaran darah dengan baik.

3. Membantu pembentukan otot

Kandungan protein dan kalsium yang sangat tinggi sangat memiliki peranan yang sangat tinggi terutamanya memberikan asupan protein dengan baik dan juga membantu pembentukan perototan anda. Selain itu, kandungan ini juga akan membantu meningkatkan perototan atau mengencangkan otot, pembesaran otot, dan juga lainnya.

4. Membantu pembentukan pertulangan dan gigi

Kandungan kalium dan kalsium  juga masih berguna dan bermanfaat dalam pembentukan tulang gigi maupun pertulangan lainnya. Kandungan ini akan memberikan asupun pertumbuhan tulang, meningkatkan daya tahan pertulangan, dan juga memperbaiki pertulangan yang rusak serta juga sangat baik untuk pertumbuhan gigi. Biasanya ikan bandeng ini diolah dengan baik, untuk anak – anak yang masih dalam pertumbuhan dan perkembangan.

5. Mengatasi resiko anemia

Anemia adalah salah penyakit yang terjadi karena kekurangan kandungan zat besi yang dapat menyebabkan beberapa gejala dan juga tanda – tanda seperti demam, tekanan darah tidak stabil dan juga lainnya. Namun, dalam mengatasi ini dapat juga menggunakan ikan bandeng. Hal ini dikarenakan ikan bandeng juga memiliki kandunga zat besi yang sangat tinggi sehingga dapat membantu untuk mengatasi dan mengobati penyakit anemia ini.

Baca juga :

Demikianlah ulasan singkat mengenai kandungan gizi dan manfaat ikan bandeng bagi kesehatan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme