Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kangkung

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kangkung – Tanaman kangkung ( Ipomoea reptans Poir ) Merupakan salah satu tanaman yang tidak asing  bagi kita. Tanaman kangkung ini sangat mudah di jumpai dan di budidayakan baik di daratan maupun di perairan. Tanaman kangkung berasal dari india yang menyebarluas keberbagai benua terutamanya benua Asia yaitu indonesia dan lainnya. Untuk lebih jelas perharikan klasifikasi dan morfolgi tanaman kangkung berikut ini.

1

Klasifikasi Tanaman Kangkung

Kindom : Plantae ( Tumbuhan )

Subkingdom : Tracheobionta ( Berpembuluh )

Superdivisio :Spermatophyta ( Menghasilkan biji)

Divisio : Magnoliophyta ( Berbunga )

Kelas : Magnoliapsida ( Berkeping dua / dikotil )

Sub kelas : Asteridae

Ordo : Solanales

Famili : Convovulceae

Genus : Ipomea

Spesies : Ipome reptan Poir

Morfologi Tanaman Kangkung

Kangkung merupakan tanaman yang sangat tergolong lama tumbuh, tanaman ini memiliki akar tunggang dan bercabang-cabang. Perakaran ini menembus dengan kedalam 60 – 100 cm, dan menyebar luas secara mendatar 150 cm hingga lebih, terutamanya tanaman kangkung pada air.

Batang pada tanaman kangkung  bult dan berlubang, berbuku-buku, dan banyak mengandung air. Terkadang buku-buku tersebut mengeluarkan akar tanaman yang serabut dan juga berwarna putih dan ada juga berwrana kecoklatan tua.

Kangkung juga memiliki tangkai dauan melekat pada buku-buku batang dan di keiak batang terdapat mata tunas yang dapat tumbuh cabang baru. Bentuk dauan memiliki ujung runcing dan juga tumpul, permukaan dauan berwarna hijau tua , dan juga berwarna hijau muda.

Bunga pada tanaman kangkung memiliki bentuk terompet dan memiliki dauan mahkota yang berwara putih atau kemerahan. Dan jika menghasilkan buah berbentuk bulat atau oval yang di dalamnya memiliki tiga butit biji. Warna biji tanaman kangkung berwran hitam jika sudah tua dan hijau ketika mudah.

Artikel Selengkapnya Kangkung:

Panduan Umum Budidaya Kangkung

Cara Budidaya Kangkung Secara Hidroponik

Cara Lengkap Budidaya kangkung Darat Secara Organik

Baca juga : Hama dan Penyakit Tanaman Duku

1 Comment

Add a Comment
  1. makasih gan infomrasi tentang kangkung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme