Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Buah Matoa

Klasifikasi dan Morfologi Buah Matoa – Buah Matoa adalah salah satu jenis dengan rambutan dalam bahasa latin buah ini disebut Pometia Pinnata. Tanaman ini berasal dari papua selain itu juga tanaman ini juga sering di jumpai di Maluku, Sulewsi, Kalimantan dan Pulau Jawa.

ers

Buah matoa ini ada dua jenis yang sering di temukan adalah Pomettia pinnata dan Pomettia Ridley. Hanya saja memiliki perbedaan di bagian dauan yang bergigi dan berdauan rata, tidak bergigi. Namun klasifikasi tanaman ini masih sama.

Klasifikasi Matoa

Kindom : Plantae

Subkingdom : Tracheobionta

Super Divisi : Spermatophyta

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Magnoliopsida

Sub Kelas : Rosidae

Ordo : Sapindales

Famili : Sapindaceae

Genus : Pometia

Spesies : Pometia Pinnata

Morfologi Matoa

Tanaman ini memiliki tinggi rata-rata 18 meter, dengan diametar maksimum 100 cm. Pohon matoa memiliki batang dan kayu yang keres, buahnya berbentuk lonjong atau bulat telut. Memiliki waran buah muda hijau dan warna matang buah berwarna kemerahan.

Bentuk bulat telur ini memiliki panjang 1,5-5 cm dan berdiameter 1-3 cm. sedangkan kulit pada buah ini licin dengan warna kehitaman. Serta miliki biji berwarna hitam kecoklatan dan berorama harum di dalam buah ketika mengambil biji.

Daun buah ini memiliki tangkai besar yaitu daun majemuk , anak dauan bersirip genap 4-13 pasang dan memiliki akar yang rindang. Buah pada tanaman ini memiliki rasa seprti rambutan dan kelengkeng.

Baca juga :  Panduan Praktis Budidaya Buah Matoa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme