Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Anggrek Bulan

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Anggrek Bulan – Bunga anggrek bulan merupakan tanaman hias yang sangat populer pada masyarakat Indonesia, tanaman ini memiliki keindahan dan juga daya tarik yang sangat luar biasa. Tanaman bunga anggrek ini memiliki nama latin Phalaenopsis amabilis, yang pertama kalinya ditemukan di Maluku.

1

Selain itu, tanaman bunga anggrek ini masuk kedalam genus Phalaenopis yang termasuk kedalam famili orchidaceae ( suku  anggrek – anggrekan ) yang memiliki sekitar 60 jenis spesies dan juga varietes sekitar 60 hingga 140 yang menyebar luas di berbagai belahan dunia. Berdasarkan sistematis tanaman bunga anggrek bulan ini dapat diklasifikasikan dan morfologikan diantaranya :

Klasifikasi bunga anggrek bulan

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Subkingdom : Trachebionta ( Tumbuhan berpembuluh )

Super Divisi : Spermatophyta  ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Liliopsida ( berkeping satu / monokotil )

Sub kelas : Lilidae

Ordo : Orchidales

Famili : Orchidaceae ( suku anggrek – anggrekan )

Genus : Phalaenopsis

Spesies : Phalaenopis amabilis, Blume

Morfologi bunga anggrek bulan

1. Akar

Memiliki perakaran berserabut, dan juga berjenis epifit yaitu mengembang akat sekulen dan melekat pada bagian bangan pohon tempat tumbuhnya, namun tidak juga merugikan sel inangnya. Akar tanaman ini memiliki warna putih dan berbentk bulat memanjang serta memiliki daging halus.

2. Daun

Daun berbentuk oval memanjang dengan tulang daun memanjang juga, khas daun monokotil. Daun bunga ini juga tebal dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan air, bentuk daun roset yang menjepit batang atau pangkal daun pada bagian atasnya.

3. Batang

Tanaman anggrek ini termasuk tanaman epifit dan memiliki batang yang tumbuh dengan baik, batang ini bersifat memanjang ( monopodial ) yaitu memiliki satu batang dan satu titik tumbuh saja.

4. Bunga

Bunga tersusun dari majemuk, muncul pada ketiak daun yang memiliki tangkai yang memanjang. Bunga ini simetri bilateral, memiliki helaian kelopak bunga (spel ) biasanya berwara mirip atau menyerupai mahkota bunga ( tepal ). Satu helaian mahkota bunga yang sudah termodifikasi membentuk hampit lidah yang melindungi suatu struktur aksesoris yang membawa benang sari dan putik. Benang sari memiliki tangkai pendek dengan dua kepala benang sari berbentuk cakram kecil ( pollinia ) dan terlindung oleh struktur kecil yang dibuka oleh hewan atau serangga dan membawa serbuk sari ke mulut putik, biasanya bunga ini memiliki diameter 10 cm.

5. Buah

Buah berbentuk kapsul berwarna hijau dan jika sudah masak mengering dan juga terbuka dari samping. Bijinya sangat ringan dan kecil, sehingga mudah terbawa oleh angin. Biji anggrek ini sama dengan anggrek – anggrek lainnya yang tidak memiliki jaringan penyimpan cadangan bahkan embrio belum mencapai kematangan sempurna.

Baca juga :

Itulah ulasan mengenai klasifikasi dan morfologi bunga anggrek bulan semoga informasi yang kami berikan berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme