Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Domba

Klasifikasi dan Morfologi Domba – Domba atau dikenal dengan biri-biri adalah termasuk hewan kedalam golongan ruminansia kecil yang memiliki bulu tebal dan dikenal banyak karena dipelihara untuk dimanfaatkan sebagai wol, daging, dan penghasil susu.

Domba secara umum memiliki nama latin Ovis,  namun domba  peliharaan memiliki nama latin Ovis aries.  Domba ini termasuk kedalam family Bovidae dan sub family Caprinae  dengan genus Ovis  yang dimiliki oleh berbagai jenis domba.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Angsa Putih (Cygnus olor)

Berdasarkan tingkatan dan banyaknya dimanfaatkan domba peliharaan dapat di klasifikasikan berdasarkan taksonominya adalah sebagai berikut:

Klasifikasi Domba

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Mammalia

Famili: Bovidae

Subfamili: Caprinae

Genus: Ovis

Spesies: Ovis aries

Morfologi Domba

Domba atau biri-biri adalah ruminasia kecil yang pemamabiak. Ciri-ciri domba yang dapat dilihat secara fisiologis adalah domba memiliki rambut tebal dibagian seluruh tubuh, memiliki daun telinga,  berkaki empat (4),  memiliki kelenjar susu pada betina. Keberagaman domba membuat ciri khas masing domba memiliki perbedaan. Domba juga ada yang memiliki tanduk dan domba yang tidak memiliki tanduk.

Adapun ciri lainnya yang dapat dilihat dari domba adalah sebagai berikut:

  • Bobot domba dewasa jantan berkisar 50-100 kg dan betina dewasa 30-50 kg, bobot badan domba ini tergantung dengan jenis domba yang dimiliki.
  • Sistem gerak pada domba terdiri dari 4 kaki, yaitu dua kaki depan dan dua kaki belakang, serta domba tidak memiliki cakar, hanya kuku.
  • Sistem pencernaan domba terdiri dari mulut, kerongkongan, rumen, retikulum, omasum, abomasum, small intestinum.

Baca Juga:

Demikianlah informasi mengenai Klasifikasi dan Morfologi Domba. Semoga berguna dan bermanfaat, apabila ada kesalahan dalam penulisan/kurangnya sumber informasi mohon maaf. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme