Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Ikan Belida (Chitala lopis)

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Belida (Chitala lopis)Ikan Belida/belido atau dikenal juga ikan lopis adalah salah satu jenis ikan sungai yang tergolong dalam suku Notopteridae (ikan berpunggung pisau), ordo Osteoglossiformes, genus Chitala dengan nama latin Chitala lopis.

Penyebaran ikan belida pertama kali di kawasan tropik Afrika dan menyebar ke Asia Tenggara, terutamanya di Indonesia dapat ditemukan di Sumatra, Kalimantan, dan Semenjung Malaya.

Klasifikasi Ikan Belida

Klasifikasi ikan belida/belido, dapat diklasifikasinya berdasarkan tingkat taksonominya adalah sebagai berikut:

Kingdom: Animalia

Kelas: Actinoterygii

Filum: Chordata

Ordo: Osteoglossiformes

Famili: Notopteridae

Genus: Chitala

Spesies: Chitala lopis

Morfologi Ikan Belida

Ikan belida merupakan ikan air tawar, pemangsa ikan kecil dan krustasea. Ikan belida dewasa berukuran 1,5-7 kg, dengan ciri khas berpunggung pisau, punggungnya meninggi sehingga bagian perut tampak lebar dan pipih. Selain itu, ikan belida memiliki sirip dubur yang tersambung dengan sirip ekor tepatnya di belakang sirip perut yang masih terhubung dengan sisik-sisik kecil.

Bentuk kepala dekat punggung cekung dan memiliki rahang panjang sesuai dengan pertumbuhan dan pertambahan umur. Ikan ini memiliki warna yaitu warna hitam, hitam keperakan, hitam kehijauan, albino dan bercorak pada bagian tubuhnya.

Ikan betina dewasa akan menghasilkan jumlah telur 288 butir telur, dan bahkan lebih dari jumlah tersebut. Derajat pembuahan berkisar 30-100%, derajat penetasan 72,2%, dan sintasan larva adalah 64,2%. Larva akan menetas sekitara 72-120 jam (3-5 hari) pada suhu air 29-30 0C. Pembesaran ikan belida, sebaiknya berukuran 15-20 cm.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Ikan Belida (Chitala lopis). Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme