Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Buntal

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Buntal – Ikan buntal ( Fugu ) adalah salah satu jenis ikan yang beracun dan bahkan sangat mematikan. Walaupun demikian, ikan ini merupakan salah satu makanan spesial di negara Jepang. Bukan hanya ikannya saja, telur ikan buntal dikenal sebagai makanan yang memiliki nilai yang tinggi.

2

Ikan buntal ini disebut sebagai ikan kembung karena memiliki bentuk tubuh bulat dan mengembang badannya.  Ikan ini termasuk kedalam famili tetraodontidae dengan ordo tetraodontiformes yang memiliki tulang belakang luas yang besar, dan juga adanya yang tipis.  Ikan ini secara umumnya sangat dikenal sebagai vertebrata yang sangat beracun kedua didunia  setelah dari katak beracun emas, terutamanya pada bagian hati, dan kulitnya. Sedangkan, bagian daging banyak digunakan untuk makanan spesial di Jepang.

Baca : Klasifikasi dan Morfologi Ikan Nila

Bukan hanya di Jepang, ikan buntal ini juga banyak dikenal di negera lain dengan sebutan yang berbeda – beda seperti Korea ( bok ), Cina ( he2 tun2 ), dan Jepang ( fugu ). Perlu diketahui, ikan buntal dengan famili tetraodontidae memiliki  121 spesies dan varietes yang terbagi dalam 20 genera. Ikan buntal banyak variasinya di perairan tropus dan tidak dapat ditemukan pada perairan zona sedang serta dingin. Memang ikan buntal ini memiliki ukuran kecil hingga sedang, namun beberapa spesies memiliki panjang lebih dari 100 sentrimetri

Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian dan pengamatan ikan buntal ini dapat diklasifikasi dan taksonomi sebagai berikut :

Klasifikasi ikan buntal

Kingdom : Animali

Filum : Chordata

Sub Filum : Vertebrata

Kelas : Actinopterygii

Sub Kelas : Neopterygii

Ordo : Tetraodontiformes

Famili : Tetraodontidae

Genus : Colomesus, Contusus, Diodon, dll

Morfologi ikan buntal  

Secara umumnya ikan buntal ini memiliki morfologi sebagai berikut :

  1. Memiliki gigi yang tajam
  2. Memiliki racun terkandung dalam tubuh
  3. Dapat mengembang dan mengeluarkan duri tajam
  4. Memiliki panjang rata –   rata 20-35 cm bahkan lebih tergantung varietes
  5. Memiliki warna beragam mulai dari merah, biru, kuning, dan kombinasi

Habibat dan  cara makan ikan buntal

Penyebaran ikan buntal pertama kalinya di perairan tropis seluruh dunia. Ikan ini adalah ikan predator dengan mencari makan pada malam hari, biasanya bersembunyi diselah – selah karang pada siang hari dan pada malam hari mencari makan. Ikan ini juga memiliki pergigian yang kuat dan menyatu satu sama lain sehingga dapat menghaluskan kerang siput, landak laut dan kepiting yang merupakan salah satu makanan utama ikan buntal.

Racun pada ikan buntal

Ikan buntal memiliki kandungan neurotosin yang poten yaitu Tetradotoksin. Racun ini diperkiraan disintesis oleh bakteri dinoflagelata yang sangat berhubungan dengan ikan buntal. Bagian tubuh yang mengandung racun ini adalah hati, ovarium kulit dan usus halus.  Racun ini tahan terhadap panas dan juga racun non-protein yang larut dalam air.

Baca juga :Klasifikasi dan Morfologi Bunga Dahlia ( Dahlia spp )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme