Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Gabus

Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari daerah tropis. Ikan gabus ini banyak ditemukan di perairan umum, yang dapat tumbuh dan berkembang dimuara – muara sungai, daun dan dapat juga berkembangbiak di perairan kotor rendah kadar oksigen bahkan juga tahan terhadap kekurangan air.

1

Ikan ini biasanya memiliki ciri – ciri fisik umum yaitu memiliki bentuk tubuh memanjang, dan bagian belakang berbentuk pipih ( compressed ). Bagian depan cembung, perut rata dan bagian kepala pipih atau hampir menyerupai kepala ular ( head snake ). Warna punggung ikan ini berwarna kehijauan kehitaman dan bagian perut berwarna putih atau krim.

Berdasarkan hasil penelitian dari Anonim, 2012 ikan gabus ini dapat diklasifikasi dan morfologi berdasarkan taksonomi diantarnya yaitu :

Klasifikasi ikan gabus

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actionopterygii

Ordo : Percformes

Famili : Channidae

Genus : Ophiocephalus

Spesies : Ophiocephalus striatus ( Channa striata )

Ada dua spesies ikan gabus yang dapat di temukan yaitu :

  • Channa micropeltes
  • Channa pleuropthalmus

Morfologi ikan gabus

Ikan gabus pada umumnya memiliki bentuk tubuh bulat memanjang dengan panjang mencapai ½ – 1 meter bahkan lebih, ikan ini memiliki berat rata – rata 2-5 kg. Bagian kepala berbentuk gepeng dan agak pipih yang hampir menyerupai kepala ular ( Head snake ). Memiliki sisik yang besar dan kasar di bagian kepala, perut, punggung, dan bagian ekornya.

Bagian sirip punggung memanjang dan juga sirip ekor bebentuk bulat pada bagian ujungnya, bagian sisi atas tubuh hingga bagian ekor memiliki warna kegal, kehitaman maupun kehijauan, sedangkan warna bagian perut berwarna krim atau putih. Bagian sisi samping terdapat garis maupun coret tebar ( striata ), warna ini biasanya tergantung dengan habitat dan lingkungannya.

Bagian mulut terdapat gigi yang besar dan tajam, yang berguna untuk mencabik atau mengunyah makanannya. Secara umum, ikan gabus ini memiliki bau amis, hal ini disebabkan karena bagian otot ikan terbuat dari protein yang bervariasi. Bau amis ini berasal dari penguraian ( dekomposisi ), zat amonia dari senyawa belerang dan bahan kimia amina yang berasal dari penguraian asam amino.

Kandungan gizi ikan gabus berdasarkan penelitian

No Unsur Gizi Jumlah Satuan
1 Energi 116 Kal
2 Air 69,6 G
3 Protein 25,2 G
4 Lemak 1,7 G
5 Karbohidrat 0 G
6 Lemak jenuh 3.6 G
7 Kalisium 62 Mg
8 Fosfor 176 Mg
9 Besi 0,9 Mg
10 Vitamin A 45 Mcg
11 Vitamin B 0,04 Mg
12 Vitamin C 0 Mg
Sumber data : saftar Analisis Bahan Makanan, Fakultas KedokteranUI Jakarta 1966.

Baca juga :

Tambahan :

Ikan gabus ini dapat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh, bahkan juga dapat di gunakan sebagai bahan alternatif untuk menyembuhkan berbagai penyakit serta memberikan asupuan kandungan gizi dan nutrisi yang maksimal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme