Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Mas ( Cyprinus carpio )

Klasifikasi  dan Morfologi Ikan Mas ( Cyprinus carpio )  – Ikan mas merupakan salah satu ikan  yang sangat populer dan juga banyak disukai banyak masyarakat, ikan mas ini termasuk kedalam famili ikan nilai atau disebut cruypinidae. Ikan mas ini pertama kalinya berasal dari Asia Tenggara yang menyebar luas di berbagai daerah terutamanya Indonesia. Ikan mas ini memiliki warna yang sangat beragam dan juga bervariasi mulai dari warna merah, kekuningan, orange dan juga bahkan abu – abu kehitaman serta kombinasi. Selain, memiliki warna yang sangat bervariasi ikan mas ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat tinggi sehingga tidak diherankan ikan mas ini banyak yang menyukainya dan juga dikenali banyak masyarakat.

1

Ikan mas ini memiliki sebutan yang sangat beragam di Indonesia tergantung dengan wilayah terutamanya memiliki sebutan kancra, tikeu, tombro dan juga lainnya. Namun, perlu diketahui secara sistematisnya klasifikasi, anatomi dan juga morfologi ikan mas ini dapat di bedakan berdasarkan tingkatan yaitu sebagai berikut :

Klasifikasi Ikan Mas

Klasifikasi Ikan mas berdasarkan penelitian dari Saanin, 1984 yaitu sebagai berikut :

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Cypriniformes

Famili : Cyprinidae

Genus : Cyprinus

Spesies : Cyprinus carpio

Morfologi Ikan Mas

  • Ikan mas ini memiliki bentuk badan yang memanjang dan juga sedikit pipih kebagian samping mulut yang terletak pada bagian ujung tengah atau di sebut terminal.
  • Bagian mulut terdapat gigi kerongkongan dengan dua pasang yang terletak di bagian bibir atas.
  • Memiliki sirip punggung ( dorsal ) yang memanjang dan juga terletak pada bagian permukaan tubuh
  • Bagian sirip tersebut ada terdapat operculum dan properkulum pada bagian sirip dada.
  • Insang ikan mas terletak pada bagian depan, insang ikan terdiri dari 3 bagian yaitu tulang lengkung insang, tapis insang, dan juga lembaran daun insang.
  • Selain itu, ikan mas ini tidak mempunyai lambung asli dan hanya menggunakan lambung palsu untuk penyimpanan makananan sementara.

Catt : Morfologi ikan ini sebaiknya dilakukan dengan melakukan pengamatan secara detail mulai dari karakter, bentuk fisikologi dan juga bagian dalam yang tampak. Dengan begitu akan memudahkan anda untuk melakukan pengamatan dan juga pengetahuan anda pada bagian – bagian ikan mas tersebut.

Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Lidah Mertua ( Sansevieria )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme