Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Kucing ( Felis silvestris catus )

Klasifikasi dan Morfologi Kucing ( Felis silvestris catus ) – Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang sangat populer dan terkenal. Kucing ini memiliki dua nama latin yang sangat lazim di dengar yaitu Felis catus atau felis silvestris catus. kucing ini memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri mulai dari prilakunya lucu, bulu lembut, dan juga mudah melakukan pemeliharaan.

1

Pemeliharaan kucing ini tidak sama dengan pemeliharaan hewan lainnya. Di karenakan kucing ini mudah beradaptasi dengan pemilik dan juga lingkungan sekitarnya. Kucing juga memiliki berbagai jenis mulai dari jenis mank, maine coon, british shorthair, burmese, dan chincilla longhair. Namun untuk klasifikasi kucing sama, berikut klasifikasi dan morfologi kucing.

Klasifikasi Kucing

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Mamalia

Ordo : Karnivora

Famili : Felidae

Genus : Felis

Spesies : Felis catus atau felis silvestris catus

Morfologi Kucing

Kucing memiliki bentuk yang sangat beragam mulai berbentuk memanjan, panjang kucing mencapai 25-40 cm  bahkan lebih tergantung dengan jenisnya. Kucing juga memiliki warna yang sangat bervariasi mulai dari warna abu-abu, hitam pekat, kecoklatan, kuning bergaris putih, hitam putih, putih pekat dan juga lainnya.

Bulu pada kucing sangat lembut, tebal dan mudah rontok. Karenakan bulu pada kucing sangat rentan terhadap suhu lingkungan sekitar. Selain itu, bulu pada kucing juga akan mudah menempel di berbagai tempat yang di tiduri, mandi, dan sebagainya.

Kumis pada kucing sangat sedikit dan terdapat di bagian hidung bawah, kumis kucing terdapat 3-6 kumis di bagin hidung bawah. Kumis kucing ini memiliki panjang 1-1,5 cm, berbentuk bulat memanjang dan berwarna putih, dan ada jga berwarna kehitaman. Kumis ini berguna untuk menyaring kotoran yang akan masuk kehidung.

Kaki kucing memiliki 2 pasang, 1 pasang bagian depan dan 1 pasang bagian belakang. Kaki kucing ini memiliki bulu berwarna variasi tergantung jenisnya, dan juga ada terdapat kuku yang sangat tajam berwarna abu-abu atau keputihan. Kuku kucing ini untuk melindungi dirinya dari ancaman sekitar lingkungan.

Ekor kucing ini memiliki bentuk bulat memanjang dengan kepanjangan 5-8 cm bahkan lebih. Ekor kucing sangat lucu dan imut, serta memiliki ciri khas yaitu bergerak kekanan dan kekiri saat tidur terlelap atau bermain. Selain itu, ekor atau buntut kucing memiliki warna beragam tergantung warna badan pada kucing.

Baca juga : Cara Budidaya Belut Dengan Terpal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme