Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Musang (Paradoxurus hermaphroditus)

Klasifikasi dan Morfologi Musang (Paradoxurus hermaphroditus) – Musang merupakan memalia ( menyusui) yang termasuk kedalam suku musang dan Viverridae (garangan).  Nama ilmiah musang adalah Paradoxurus hermaphroditus, yang dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah luwak dan di Malaysia dikenal sebagai musang pulut.

Hewan musang ini sangat beragam panggilan tergantung dengan daerah masing-masing, seperti caereuh bulan bahasa dari sunda, common palm civet, common musang, haouse musang atau toddy cat berasal dalam Bahasa Inggris.

Baca: Cara Merawat Kucing Anggora Dengan Tepat

Berdasarkan tingkatan taksonomo musang dapat diklasifikasikan dan morfologikan sebagai berikut:

Klasifikasi Musang

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Subfilum: Vertebrata

Kelas: Mammalia

Ordo: Carnivora

Famili: Viverridae

Genus: Paradoxurus

Spesies: Paradoxurus hermaphroditus

Morfologi Musang

morfologi musang dapat diketahu i berdasarkan ciri-ciri fisiologis dari musang tersebut,  pada umumnya musang memiliki panjang berkisar  90-100 cm(termasuk ekor, dan tubuhnya), memiliki warna abu-abu kecoklatan dengan ekor berwarna hitam mulus.

Bagian sisi tubuh musang berwarna abu-abu kecoklatan, dengan bervariasi warna coklat merah tua hingga kehijauan. Pada bagian punggung terdapat jalur lurus dengan warna lebih gelap, namun adapun yang berwarna terang, memiliki bintik-bintik besar dibagian seluruh tubuh dan memiliki bagian perut berwarna lebih pucat.

Bagian wajah, kaki dan ekor berwarna coklat gelap hingga berwarna kehitaman. Bagian dahi dan sisi samping wajah hingga dibawah telinga berwarna keputih putihan. Untuk posisi kelaming musnag betina dekat dengan bagian anus, dan memiliki tiga puting susu, sedangkan posisi kelamin musang jantan dekat dengan bagian pusar.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfoogi Musang. Semoga berguna dan bermanfaat, apabila ada kekurangan/kesalahan dalam penulisan mohon maaf. Terima Kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme