Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Duku

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Duku – Duku ( Lansium domesticum Corr ) adalah tanaman buah yang berasal di Indonesia, namun ada juga yang menyebutnya bahwa buah duku ini berasal dari Asia Barat. Tanaman duku merupakan tanaman buah tahunan yang dapat tumbuh dengan dalam jangkah panjang. Duku juga merupakan tanaman yang masih berfamili dengan Meliaceae atau lansep dan lainnya.

1

Tanaman duku ini dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis dengan dataran normal. Selain itu, duku juga merupakan buah yang memiliki daging tebal dan berbiji. Buah duku memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan, dan juga dapat mengobati berbagai penyakit.

Lihat selengkapnya : Manfaat Kandungan Buah Duku Bagi Kesehatan

Klasifikasi Tanaman Duku

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Subkingdom : Tracheobionta ( Tumbuhan Pembuluh )

Super Divisi : Spermatophyta ( Penghasil Biji )

Divisi : Magnoliopshyta ( Tumbuhan Berbunga )

Kelas : Magnoliopsida ( Berkeping dua / Dikotil )

Sub Kelas : Rosidae

Ordo : Sapindales

Famili : Meliaceae

Genus : Lansum

Spesies : Lansum domesticum Corr

Morfologi Tanaman Duku

Tanaman duku dapat di budidaya dengan mudah dan juga sederhana. Budidaya tanaman duku harus di lakukan dengan sistem pemeliharaan yang intensif agar pertumbuhan dengan cepat. Dalam budidaya duku harus memperhatikan lokasi, bibit yang di gunakan, dan perawatan yang baik. Namun, morfologi tanaman duku antara lain:

a. Daun

Tanaman duku memiliki daun majemuk, memiliki tangkai yang bercabang-cabang yang menyokong daun. Daun tanaman duku memiliki tulang daun menyirip, melekung, mengkilap, memiliki ujung yang runcing , bagian tepi daun merata dan juga memiliki warna kehijauan tua dan kehijauan mudah.

b. Batang

Tanaman duku memiliki batang berbentuk bulat dan memanjang, serta memiliki warna kecoklatan, abu-abu dan lainnya. Permukaan batang terdapat bintik-bintik berwarna kehitaman hingga kecoklatan. Batang tanaman duku ini memiliki panjang sekitar 10-20 meter bahkan lebih, tergantung dengan umur dan pertumbuhan tanaman.

c. Akar

Tanaman duku memiliki akar tunggang, yang berarah ke bagian bawah tanah, yang berguna untuk menyerap unsur hara dan air di dalam tanah. Akar tanaman duku ini sangat kuat dan kokoh memiliki warna keputihan, kecoklatan hingga kehitaman. Akar pada umumnya terdiri dari akar serabut, akar besar dan akan bercabang dan menjalar di permukaan tanah.

d. Buah dan Biji

Tanaman duku memiliki buah berbentuk bulat seperti kelereng, memiliki warna kuning mudah ketika masih mentil dan juga kuning tua keputihan jika buah sudah matang. Buah duku memiliki kulit yang sangat tipis, berdaging tebal berwarna putih transparan dan juga biji berwarna keputihan.  Biji pada tanaman duku ini memiliki struktur atau bentu bulat memanjang dengan ukuran 1-2 mm bahkan lebih tergantung dengan buah duku.

e. Bunga

Tanaman duku memiliki bunga yang berwarna kehijauan hingga kekuningan. Bentuk bunga tanaman duku hampir sama dengan bunga kelapa. Bunga tanaman duku ini terletak pada tandan batang yang mengantung. Bunga duku memiliki ukuran kecil, bertangkai pendek dan memiliki benang sari dan putik dalam satu bunga.

Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Ikan Mujair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme