Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Manfaat Kandungan Buah Duku Bagi Kesehatan

Manfaat Kandungan Buah Duku Bagi Kesehatan – Buah Duku memang sangat terkenal dan populer di masyarakat. Buah ini memiliki rasa paling enak, bijinya sedikit, kecil dan daging buah tebal, banyak dan manis.

6

Buah pisitan, bentuknya memanjang dengan sedikit getah didalamnya, bijinya besar dan banyak, daging buah tips dan tidak mengandung banyak cairan serta rasanya sangat asam, buahnya tidak dapat dikupas sehingg isisnya harus di keluarkan.

Kokosan berbuah besar berbentuk bulat peluru, rasanya enak, bergetah putih dalam kulit buahnya, berbiji kecil dan sedikit, daging buahnya teval, mengandung cairan dan agak keasam-asaman.

Manfaat tanaman duku

Manfaat utama tanamaa duku adalah sebagai makanan buah segar atau makanan olahan lainnya. Buah duku biasanya dikonsumi dan kulitnya dibuang. Tetapi sebenranya kulit buah ini sangat bermanfaat untuk mengasapi rumah dimalam hari sebagai repellent, biasanya dicampur daun lagundi atau tersendiri.

Manfaat lainnya dari bagian tanaman duku tersebut di atas antara lain:

  • Sari daun dapat mengobati radang mata dan wasir ( Morton, 1987 )
  • Batang daun dimanfaatkan untuk taing rumah dan tangkai perkakas. Selain itu dapat mengobati malaria dan disentri. ( Verheij dan coronel, 1997 ).
  • Menurut Boorsma ( 1913, dalam Heyne, 1997 ) kulit batang dan kulit buah duku digunakan untuk racun panah, bila disuntik sebanyak 500 mg kepe seekor kodok maka setelah 24 jam akan menyebaban kelumpuhan jantung.
  • Kulit buah duku masak dan kering merupakan digunakan untuk campuran bahan bakar setanggi dan asapnya cukup ampuh untuk menghalau nyamuk, karena mengandyung oleoresin. Kandungan resin juga dapat digunakan untuk menghentikan diarae dan kejang perut serta digunakan sebagai obat malaria dan demam.
  • Biji buah duku sangat pahit, ekstraknya dapat digunakan sebagai obat cacing bagi anak-anak, penolak demam dan obat diare ( Verheij dan Coronel, 1997 ).
  • Daun , kulit batang, kulit buah dan biji duku dapat digunakan untuk menghambat siklus hidup salah satu parasit penyebab penyakit malaria yaitu Plasmodium falciparum ( Yapp dan Yap, 2003 ).

Buah duku pada umumnya dikonsumsi dalam keadaan segar atau dibuat siru. Komposisi nutrien langsat, duku dan dokong tercantum pada tabel 1.1

b

Lihat Juga : Panduan Dasar Budidaya Duku

Referensi

  1. Vyera, Tadao, Suzuki, Ichiro, Yamamoto, yoshinori. 1998. Stereospcific Synthesis of Bourbone anda the cisoid simoer for structural determination of tokic compenent of lansium domesticum. Bull. Chem. Soc. Jpn
  2. Widyastuti, Y.E dan Regina K. 2000. Duku, Jenis dan Budaya. Penebar Swadaya. Jakarta
  3. Loekitowati, H.P dan Hermansyah. 200. Studi Pemanfaatan biji duku ( Lansium Domesticum) untuk pbat diarea secara in Vitro. Jurnal Penelitian Sains. 7 : 41-48.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme