Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kakao

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kakao – Tanaman kakao ( Theobroma cacao L. ) merupakan tanaman budidaya perkebunan yang berasal dari Amerika Selatan, namun tanaman ini sudah menyebar luas dan banyak dikembangkan diberbagai kawasan tropika.  Tanaman kakao ini menghasilkan buah dengan produk utama biji yang dapat di gunakan dan dimanfaatkan untuk berbagai bidang Indutri dan lainnya.

2.1

Buah Kakao ( Image source )

Tanaman kakao dapat tumbuh dengan baik mencapai ketinggian 10 m, dan adapun banyak yang membudidayakan dengan tinggi 5 cm dengan perkembangbiakan tertentu yang memiliki tajuk menyamping meluas. Secara sistematika tanaman kakao dapat diklasifikasikan dan morfologikan sebagai berikut :

Baca : Teknik Pengelolahan Biji Kakao Pasca Panen

Klasifikasi Tanaman Kakao


Menurut Tjitrosoepomo ( 1998 ) tanaman kakao dapat diklasifikasikan.

Divisi : Spermatophyta

Anak divisi :  Angioospermae

Kelas : Dicotyledobeae

Anak kelas : Dialypetalae

Bangsa : Malvales

Suku : Sterculiaceae

Marga : Theobroma

Jenis : Theobroma cacao L.

Morfologi Tanaman Kakao


1. Akar

Perakaran tanaman kakao sangat beragam dan bervariasi tergantung dengan media tanah yang digunakan, namun pada umumnya tanaman kakao memiliki akar tunggang, memanjang berkisara 30 – 35 cm dalam tanah. Perajaran tanaman kakao juga tergantung dengan tanaman kakao liar akar akan tunggang lebih pendek dan akar lateral lebih meluas dan banyak ( Abdolerachman, 1979 )

2. Daun

Daun berbentuk bulat memanjang, ujung daun meruncing, pangkal daun meruncing dan susunan pertulangan menyirip serta memiliki permukaan bahwa menonjol. Pada tanaman tunas ortotrop, tankai daun dengan panjang 7.5 – 10 cm, dan tunas plagiotrop panjan tangkai daun 2,5 cm ( Hal, 1932 ).

3. Batang dan Cabang

Batang memanjang dengan bentuk bulat berdiameter 3 -5 cm bahkan lebih tergantung dengan pertumbuhan tanaman, berwarna kecoklatan, bergetah dan juga permukaan kulit kasar. Percabangan tanaman kakao sangat banyak, dalam satu tanaman percabangan akan berkisar 5 – 10 percabangan dan bahkan juga percabangan tersebut berbentuk tidak beraturan. Adapun yang menyebutkan bahwa percabangan di bagian menjadi dua bagian yaitu percabangan primer dan lateral, percabangan primer membentuk arah ke horizontal dan tidak rimbun sedangkan percabangan primer ini membentuk tajuk yang rimbun ( Badrun, 1991 )

4. Biji dan Buah

Biji tanaman kakao berbentuk bulat memanjang, ada terdapat lendir, permukaan licin dan berwarna kecoklatan muda. Biji tersebut terdapat di buah kakao perbuah sekitar 20 – 50 butir yang tersusu n dari lima baris dan menyatu pada bagian poros buah. Buah berbentuk bulat memanjang dengan warna yang beragam dan bervariasi, namun ketika muda berwarna hijau keputian dan sudah tua berwarna kekuningan. Permukaan kulit buah keras, dan tipsa, halus dan memiiki panjang 10 hingga 30 cm, tergantung pada kultivar dan faktor lingkungan selama perkembangan buah ( PKKKI, 2004 )

Baca juga :

Itulah klasifikasi dan morfologi tanaman kakao semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme