Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nangka

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nangka – Nangka ( Artocarpus heterophyllus Lamk ) merupakan tanaman buah yang beraasal dari India dan menyebar luas keberbagai daerah tropis, terutamanya Indonesia. Tanaman ini memiliki nama berbeda – beda dan bervariasi tergantung wilayah maupun daerahnya. Tanaman nangka ini merupakan tanaman yang tergolong kedalam jenis buah tahunan, dan masih berfamili dengan Malvales dan juga termasuk kedalam ordo Urticales.

1Selain itu, tanaman ini dapat dengan mudah tumbuh dan berkembang di daerah tropis, serta ketinggian apapun. Menurut beberapa penelitian dan pakar botani secara sistematisnya klasifikasi dan anatomi tanaman nangka adalah sebagai berikut.

Klasifikasi Tanaman Nangka

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Sub Kingdom : Tracheobionta ( Tumbuhan berpembuluh )

Super Divisi : Spermatiphyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Magniliopsida ( berkepin dua / dikotil )

Sub Kelas : Dilleniidae

Ordo : Urticales

Famili : Moraceae

Genus : Artocarpus

Spesies : Artocarpus heterophyllus

Morfologi Tanaman Nangka

a. Akar

Tanaman nangka memiliki perakarang tunggang dan juga memiliki percabangan yang sangat banyak. Perakaran tanaman nangka ini menembus permukaan tanah hingga kedalam 10-15 meter bahkan lebih tergantung dengan pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Selain itu, akar tanaman ini berguna untuk menyokong pertumbuhannya hingga kuat dan berdiri kokoh.

b. Daun

Tanaman nangkan memiliki daun tunggal, bertangkai 1-4 cm, memiliki bagian tepi rata dan memiliki bentuk bulat telur memanjang, serta memiliki ujung pangkal pendek meruncing. Daun pada nangka ini memiliki permukaan atas berwarna hijau tua mengkilap, kaku dan juga permukaan bagian bawah memiliki warna hijau muda.

c. Bunga

Tanaman nangka memliki bunga dalam satu rumah hanya satu, yaitu dapat diartikan bahwa tanaman nangka memiliki bunga jantan dan bunga betina. Bunga jantan ini memiliki ciri khas berwarna hijau tua dan juga membengkok, sedangkan bunga betina memiliki bentuk yang silinderis. Proses pembuahan ini sering terjadi di kelopak bunga dan benang sari, dalam penyerbukaan ini biasanya di bantu dengan angin dan juga binatang sekitar.

d. Buah

Tanaman nangka memiliki buah berbentuk bulat memanjang berwarna hijau dan kekuningan jika sudah mau matang. Buah ini tergolong kedalam buah yang majemuk, yang memiliki daging didalamnya yang banyak. Buah ini memiliki permukaan kasar dan berduri lunak, serta buah ini terdapat di batang dan percabangan.

e. Biji

Biji pada tanaman nangka ini memiliki bentuk bulat memanjang dan ada juga bulat telur, memiliki warna keabu-abuan, dan juga terdiri dari lapisan luar dan dalam. Selain itu, biji ini diselimuti daging tebal berwarna kekuningan hingga kuning pekat. Biji ini memiliki lapisan luar yang tipis, dan lapisan dalam yang tebal berwarn putih.

Baca juga :Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kiwi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme