Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pisang

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pisang – Pisang adalah salah satu jenis tanaman atau tumbuhan terna yang memiliki ukuran relatif besar atau raksasa yang berdaun besar dengan suku Musaceae. Tanaman pisang ini juga merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat dibudidayakan dengan baik pada iklim tropis maupun sub tropis. Ada dua jenis tanaman pisang yaitu tanaman pisang komersial dan tanaman pisang hias, sedangkan berdasarkan pakar  botani ada beberapa jenis tanaman pisang yaitu Musa acuminat, M. Balbisiana dan M. Paradisiaca.

1

Tanaman pisang ini ada juga yang dapat dikonsumsi dan tidak dapat dikonsumsi seperti pisang abaka, pisang hias, dan pisang kipas, sedangkan pisang yang dapat dikonsumsi pisang kepok, pisang raja, dan pisang lainnya. Berdasarkan pakar botani tanaman pisang ini dapat diklasifikasikan dan morfologi adalah sebagai berikut.

Klasifikasi tanaman pisang

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Subkingdom : Trachebionta ( Tumbuhan berpembuluh )

Super divisi : Spermatophyta (  Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga )

Kelas : Liliopsida ( berkeping satu / monokotil )

Sub kelas : Commelinidae

Ordo : Zingiberales

Famili : Musaceae ( suku pisang – pisangan )

Genus : Musa

Spesies :  Musa paradisiaca

Morfologi tanaman pisang

1. Akar

Akar tanaman pisang berserabut, tidak berakar tunggang, berwarna kecoklatan kotor,  dan tumbuh dengan baik namun menyamping kepurmakaan tanah.

2. Batang

Batanga tanaman pisang berbentuk bulat silindris berlapis, batang tanaman ini memiliki dua bagian yaitu batang asli atau utama dan batang semu atau batang palsu. Batang bagian bawah ini akan tumbuh tunas baru, dan batang palsu akan membantu menutupi atau membentuk lapisan baru pada batang tanaman pisang. Pada umumnya, batang tanaman ini berwarna hijau muda dengan lapisan berwarna kecoklatan.

3. Daun

Daun tanaman ini berbentuk bulat memanjang dan melebar, dengan pertulangan daun yang besar yang terbentuk dari pelepah, bagian ujung daun tumpul dan bagian tepi merata. Pada umumnya, daun ini memiliki warna kehijuan, dan juga tampak garis berwarna keputihan pada permukaan daun.

4. Bunga

Bunga tanaman ini berbentuk hampir menyerupai jantung, juga berwarna kemerahan muda, dan mahkota berwarna kekuninga – kuningan serta berserabut halus berwarna kehitaman. Pada umumnya, bunga tanaman ini disebut bunga berani dan juga muncul pada ketiak daun.

5. Buah

Buah tanaman ini tersusun dari tandan, dalam satu tandan terdapat dari beberapa sisir dan juga buah ini berwarna hijau jika belum matang dan berwarna kekuingan jika sudah matang. Dalam satu sisir buah pisang ini sekita 8-10 buah bahkan lebih tergantung varietesnya. Dalam buah, ada terdapat bintik – bintik kehitaman berbentuk bulat kecil dan juga hanya terdapat di pisang – pisang tertentu saja.

Baca juga :

Deemikianlah klasifiaksi, morfologi, deskripsi dan ciri – ciri tanaman pisang semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme