Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Semangka

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Semangka – Tanaman semangka memiliki nama latin “ Citrullus Lanatus Tun ” berasal dari Afrika. Tanaman ini menyebar luas keberbagai benua dan memiliki jenis-jenis yang sangat beragam, tanaman masih berfamili dengan labu-labuan atau dengan nama latin “ Cucurbitaceae “ yaitu memiliki bentuk bulat lonjong, berwarna hijau, memiliki garis hijau tidak beraturan dan juga memiliki kulit yang tebal. Untuk lebih jelasnya perhatikan klasifikasi dan morfologi tanaman semangka sebagai berikut.

1

Klasifikasi Tanaman Semangka 

Kingdom : Plantae

Divisi : Magnoliphyta

Kelas : Magnilopsida

Subkelas : Dileniidae

Ordo : Violales

Famili : Cucurbitaceae

Genus : Citrullus

Spesies : Citrullus Lanatus  Tunb

Morfologi Tanaman Semangka

Tanaman semangka merupakan tanaman satu musim, tumbuh merambat hingga mencapai 3-4 meter. Memiliki batang lunak, bersegi, berambut dan panjang mencapai 1-5 meter. Dauan semangka berseling, bertangkai, dan memiliki bulu. Panjang daun sekitar 3-25 cm dengan kelebaran 1,5-5 cm. bagian tepi daun bergelombang dan permukaan bawah daun berambut rapat pada tulangnganya.

Bunga tanaman semangka muncul pada ketiak daun, berwrna kekuningan . semagka memiliki 3 jenis bungan yaitu bunga jantan, bunga betina dan bunga sempurna. Secara umumnya tanaman semangka memiliki bunga jantan dan betina denganmproporsi 7 : 1.

Tanaman semangka memiliki bentuk yang sangat bervariasi dengan panjang 20-40 cm, berdiameter 15-20 cm, dengan berat 4 – 20 kg. Bentuk tanaman ini bulat, oval dan lonjonh bahkan ada juga yang berbentuk kotak.

Semangka memiliki kulit yang santa tebal, berdaging dan licin. Daging semangka berwrna putih jika masih mudah dan jika matang warna menjadi merah, kuning dan juga lainnya tergantung dengn varietes. Daging tanaman semangka banyak mengandung ait dan memiliki rasa manis. Tanaman ini memiliki biji berwarna hitam, putih dan kuning serta kecoklatan bahkan ada semangka yang tanpa biji.

Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme