Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Srikaya

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Srikaya – Tanaman srikaya adalah salah satu tanaman buah yang banyak dikenali dan juga populer diberbagai daerah, tanaman ini dapat ditemukan dibebatuan, dan juga tanah kering. Tanaman buah srikaya ini berasal dari Hindia Barat, yang menyebar keberbagai wilayah hingga saat ini.

1

Tanaman srikaya ini bermanfaat untuk menyembuhkan dan mengobati berbagai macam penyakit dalam tubuh, karena kandungan yang terdapat dalam akar, batang, daun dan buahnya dapat dimanfaatkan dengan baik. Selain itu, tanaman ini juga memiliki kandungan senyawa seperti flavonoid, fenolik, kumarin, steroid dan saponin yang sangat membantu untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh. berdasarkan pakar botani, tanaman srikaya ini dapat diklasifikasi dan morfologikan diantaranya adalah sebagai berikut.

Klasifikasi tanaman srikaya

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Sub kingdom : Tracheobionta ( Tumbuhan berpembulu )

Super divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliopsida ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua/ dikotil )

Sub kelas : Magnoliidae

Ordo : Magnoliales

Famili Annonaceae

Genus : Annona

Spesies : Annona squamosa L.

Mordologi tanaman srikaya

Tanaman ini tumbuh dengan perdu, berumur panjang, dengan tinggi mencapai 2-4 m. Akar tungga, batang berkayu, silindris, tegak berwarna keabu-abuan, memiliki kulit tipis, permukaan kasar, percabangan banyak, dengan arah cabang miring keatas. Daun tanaman tunggal, bertangkai pendek, tersusun selang seling, berwarna hijau, berbentuk memanjang dengan panjang mencapai 6-17 cm dengan lebar 2,5 – 7,5 cm, helaian daun tipis kaku, ujung dan pangkal meruncing, bagian tepi merat, pertulangan menyirip dengan permukaan halus.

Bunga tanaman ini tunggal, tumbuh pada ketiak daun dan ujung batang, bertangkai, memiliki kelopak berwarna hijau kekuningan. Selain itu, buah tanaman srikaya ini semu, bulat mengerucut, berwarna hijau dengan diameter 5-10 cm, permukaan tidak merata atau ada tonjolan, dengan biji berbentuk pipih atau kepingan kecil berearna hitam mengkilat, tanaman ini dapat berbuah pada umur 3-5 tahun dengan perbanyakan secara generatif ( melalui biji ).

Baca juga :

Informasi Tambahan :

Tanaman srikaya ini mengandung juga asam kaur, flavonoid, borneol, kamfer, terpen, alkoloid anonoin, saponin, tanin, dan pelifenol. Sehingga dapat memiliki peranan yang sangat penting untuk kesehatan dan juga mengatasi berbagai macam masalah kesehatan didalam tubuh. semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme