Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Strawberry

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Strawberry – Tanaman strawberry “ L ” pertama kali di temukan di  Chili, Amerika. Salah satu spesies ini menyebar luas ke berbagai negara Amerika, Eropa dan Asia. Sedangkan spesies lain yaitu Fragaria vesca L, lebih menyebar luas dan juga pertaman kali di budidayakan di indonesia.

1

Tanaman ini adalah tanaman subtripis yang dapat menyesuaikan diri dengan baik di dataran tinggi yang memiliki temparatur 17-20 derjat dan curah hujan yang baik. Untuk lebih jelasnya lihat secara detailnya klasifikasi dan morfologi tanaman strawberry.

Klasifikasi Tanaman Strawberry

Divisi : Spermatophyta

Subdivisi : Angiospermae

Kelas : Dicotyledone

Ordo : Rosales

Famili : Rosaideae

Subfamilik : Rosaceae

Genus : Fragaria

Spesies : Fragaria sp.

Morfologi Tanaman Strawberry

a. Akar

Tanaman ini memiliki akar serabut di dalam tanah tumbuh dangkal dan menyebar horizontal sepanjang 30 cm dan secara vertikal dapat mencapai kedalaman 40 cm. akar muncul dari batang yang pendek dan tebal berbentuk rumpun. Dari rumpun iti akan memunculkan tunas baru menjadi crwon baru, sulur dan bunga.

b. Batang

Tanaman ini memiliki batang utama pendek, dauan terbentuk pada buku dan ketiak terdapat pucuk aksilar. Internode sangat penfdek sehingga jarak dauan yang satu dengan yang lain sangat kecil dan tampak seperti rum[un tanpa batang. Batang utama dan dauan teresusun rapat, memiliki ukuran yang sangat bervariasi dan beragam. Tergantung dengan umur, tingkat perkembangan tanaman dan kondisi lingkungan pertumbuhan.

c. Daun

Tanaman ini memiliki daun tumbuh melingkar rumpun, berbulu lebat ada juga yang jarang, terdiri dari tiga anakan daun atau majemuk, dengan tepi bergerigi. Dauan biasanya di sangga oleh tangkai yang panjang.

d. Bunga

Tanaman ini memiliki bunga yang terdiri dari 10 kelopak berwran hijau, 5 mahkota berwrna putih, 60 – 600 putik dan 20-35 benang sari yang tersusu stima di atas dasar bunga. Penyebbukan tanaman ini secara silang dengan bantuan angin, serangga dan manusia.

e. Buah

Tanaman ini memiliki buah semu, memiliki bentuk unik yaitu oval dan lonjong berwrana merah jika sudah tua atau matang dan juga ada berwarna hijau jika masig mudah. Buah ini memiliki pori-pori di di bagian permukaan buah yang sangat banyak dan bervariasi. Pori tersebut berwran kehitaman atau kecoklatan mudah. Dan juga buah ini memiliki rasa yang manis dan juga ada yang kecut atau asam.

f. Biji

Tanaman ini memiliki biji yang berukuran sangat kecil, pada setiap buah menghasilkan banyak biji. Biji ininterletak di antara daging, kulit dalam dan juga bagian dalam lainnya. Biji ini memiliki bentuk bulat lonjong, oval dan berwarna kecoklatan dan kehitaman.

Baca juga : Panduan Lengkap Budidaya Strawberry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme