Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Mengenal Jenis-Jenis Durian Unggulan Asli Indonesia

Mengenal Jenis-Jenis Durian Unggulan Asli Indonesia – Di seluruh Indonesia terdapat banyak jenis durian dengan nama-nama yang berbeda. Sebut saja di daerah Jawa dan Sumatera, masyarakat lebih mengenal durian dengan sebutan “duren”. Sedangkan, di Manado (Sulawesi Utara), orang menyebutnya dengan “duriang”. Sementara, di tanah Toraja (Sulawesi Selatan), sebutannya menjadi “duriang”.

Jenis Jenis Buah Durian Asli Indonesia

Uniknya, disebut dengan berbagai nama, durian juga memiliki berbagai jenis rasa yang kaya. Ada yang manis ada juga yang terasa pahit. Para pecinta durian fanatik atau lebih dikenal dengan ‘maniak durian’, konon justru lebih menyukai durian yang berasa pahit.

Baca:  Ciri-Ciri Burung Kenari Gloster

Yuk, kita mengenal jenis-jenis durian unggulan asli Indonesia yang memiliki cita rasa membuat ketagihan para penikmat durian:

Durian MATAHARI


Durian matahari berasal dari daerah Cimanggu, kabupaten bogor, provinsi jawa barat. Dagingnya tebal dan sedikit kadar air. Tekstur daging lembut dengan aroma yang menyengat tajam. Para pecinta durian akan semakin dimanjakan karena durian matahari tidak memiliki biji, sehingga mengonsumsi durian matahari akan semakin nyaman dan nikmat. Jika diamati lebih detail, kulit durian cukup tipis hanya sekitar 0,5 cm sampai 1 cm berwarna hijau kecoklatan.

Durian MONTHONG


Walaupun dikenal di Thailand, namun jangan salah, durian monthong asli dari Indonesia. Hanya saja lebih banyak dikembangbiakkan di Thailand. Bentuknya lonjong dengan rasa manis dan aroma yang sedap menggoda. Sebuah durian monthong unggulan bisa dihargai sampai satu juta rupiah, tergantung ukuran.

Durian PETRUK


Durian Petruk memiliki rasa yang manis dan legit ketimbang varietas durian unggulan di Indonesia. Penemunya bernama Petruk berasal dari Kabupaten Jepara. Durian yang berkulit tipis berwarna hijau kekuningan ini memiliki daging yang kuning, dan lembut.

Durian Si MIMANG atau Sememang


Durian asli dari Banjarnegara, Jawa Tengah, pernah  menjadi runner up di kontes durian seluruh Asia Tenggara. Berwarna daging keemasan dengan bentuk pipih.

Durian BAWOR


Durian Bawor adalah jenis durian unggulan asli Indonesia berikutnya. Berhasil diokulasi oleh seorang guru SD di daerah Banyumas bernama Sarno Ahmad Darsono. Warnanya oranye dengan daging tebal dan kulit duri yang tipis. Rasanya sedikit pahit namun berbiji kecil. Sangat menguntungkan karena bisa dipanen 3 kali dalam setahun.

Durian CANDIMULYO


Mengenal jenis-jenis durian unggulan asli Indonesia belum lengkap tanpa mengenal durian candimulyo dari kecamatan candimulto, magelang, jawa tengah. Durian ini memiliki rasa manis dengan daging yang tebal dan biji tipis yang menjadi keunggulan ketimbang durian jenis lainnya.

Baca Juga:

Dengan semakin kita mengenal jenis-jenis durian unggulan asli Indonesia, diharapkan masyarakat di Indonesia mau mengonsumsi buah-buahan produksi dalam negeri dan mengangkat perekonomian di sektor industri buah-buahan. Meskipun banyak jenis durian yang berasal dari luar negeri seperti Thailand, namun mari kita mengenal jenis-jenis durian unggulan asli Indonesia agar produk buah lokal tidak kalah bersaing dengan produk luar negeri.

Mari kita mengenal jenis-jenis durian unggulan asli Indonesia…

 

Updated: —

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme