Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Panduan Lengkap Budidaya Ikan Gurami

Panduan Lengkap Budidaya Ikan Gurami – Ikan gurami merupakan salah satu ikan konsumsi yang sudah banyak di kenal masyarakat. Ikan ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi di bandingkan dengan ikan lainnya. Selain itu, permintaan pasar yang semakin lama meningkat dan juga harga yang selalu melonjak tinggi.

2

Oleh karena itu, banyak sekali yang ingin membudidaya ikan ini untuk memproleh keuntungan dan laba besar. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini akan membantu para petani untuk membudidayakan ikan gurami ini dengan mudah dan sederhana.  Berikut panduan umum budidaya ikan gurami.

Persyaratan lokasi

  • Lokasi tanah yang baik sebaiknya banyak mengandung bahan organik.
  • Tidak tergenang air berlebihan.
  • Dekat dengan saluran air.
  • Mudah di jangkau.
  • Terhindar dari keramaian dan juga banyak binatang
  • Suhu lingkungan baik.

Pemilihan indukan

Pemilihan indukan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ikan gurami. Serta dapat menghasilkan benih atau bakal bibit yang sangat berkualitas. Pemilihan indukan ini harus memenuhi persyarat yaitu : sehat, bebas hama dan penyakit, berasal dari indukan yang berkualitas dari yang sebelumnya, menghasilkan produktivitas yang sangat tinggi dan juga pertumbuhan yang sangat cepat.

Pengelolahan media kolam

Pengelolahan media kolam sangat penting di lakukan untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan ikan. Berikut langkah persiapan atau pengelolahan media kolam:

  • Langkah pertaman harus mencari lokasi yang sudah di jelaskan di atas.
  • Setelah itu, jika sudah menemukan lakukan pembersihan tanaman atau gulma di sekitar hingga bersih.
  • Buatlah ukuran seluas 5 x 10 meter atau tergantung dengan pemilik. Lakukan pengalian dengan bantuan alat apapun.
  • Setelah selesai pemberian kapur atau pengapuran sebelum melakukan pembenihan atau pembudidayaan. Selama 1-2 minggu.
  • Setelah itu, lakukan pengeringan kembali untuk menjaga kualitas baik di kolam atau suhu di kolam.
  • Dan lakukan pemberian pupuk urea atau kandang secukupnya, hal ini bertujuan agar menciptakan pakan alami di dalam kolam. Diamkan selama 4-5 hari sebelum penebaran benih.

Catt

Dalam pembuatan kolam ini sebaiknya di gunakan di media bekas lahan padi, atau pun pembuatan dari terpal.

Penebaran bibit ikan

Langkah selanjutnya melakukan penebaran beni ikan gurami, pembenihan mungkin akan menghambat waktu atau memperlambat waktu. Oleh karena itu, pembenihan bisa di lakukan dengan membeli atau melakukan sendiri. Penebaran ini di lakukan pada pagi hari sekitar jam 09.00 – 10.00 WIB, hal ini bertujuan agar ikan dapat menyesuaikan diri dengan baik. Penebaran ini sebaiknya di lakukan dengan hati-hati, perlahan – lahan dan juga lainnya. Setalah itu, melakukan perawatan benih ikan dengan baik.

Pemeliharaan ikan gurami

Pemeliharaan ikan gurami sangat mudah di lakukan yaitu dengan cara pemberian pakan, pergantian air, pengawasan dan juga pengandalian hama dan penyakit ikan gurami.

Pemberian pakan ikan gurami dapat di lakukan 2 kali dalam sehari menggunakan pelet, atau pembuatan pakan sendiri dengan sisa limbah pertanian. Pergantian air di lakukan dengan teratur 2-3 minggu bahkan lebih hal ini bertujuan agar tidak terjadi penumpukan sisa pakan yang akan menimbulkan hama dan penyakit. Pengawasan juga sangat penting di lakukan unti mengatahui ikan terserang hama dan penyakit dan juga binatang yang akan menyerang ikan gurami.

Sedang pengendalian hama dan penyakit biasanya di lakukan dengan membersihkan kolam, menjaga kualitas air, melakukan pemberian garam di dalam kolam, pengawasan teratur dan juga melakukan perendaman ikan terserang dengan larutan garam, formalin dan vaksinasi sesuai dengan petunjuk.

Pemanenan ikan gurami

Ikan gurami dapat di panen ketika sudah berumur 3-4 bulan setelah penebaran bibit, tetapi tergantung dengan pertumbuhan dan varietes ikan gurami. Pemanenan ini di lakukan dengan cara menjaring ikan dengan jaring besar, melakukan pengeringan kolam ikan, dan juga melakukan pengurasan bertahap.

Baca juga :Jenis – Jenis Ikan Gurami Budidaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme