Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Penanaman Tomat DI Dalam Pot

Cara Penanaman Tomat DI Dalam Pot – Tomat (  solanum lycopersicum ) merupakan tanaman yang sangat lah serba guna di masyarakat ,  bisa di makan langsung ataupun di buat jus dan yang paling penting bisa di jadikan bahan camuran masakan yang sangat lah berguna bagi tubuh .  meskipun buah ini sangat lah mudah di dapat di pasaran dengan harga yang tidak terlalu mahal , namun tidak ada salah nya bagi anda yang suka cocok tanam buah tomat di pekarangan rumah atau pun di halaman rumah sendiri. Selain bermanfaat untuk hobi menanam juga bermanfaat juga bagi anda karena terhindar dari pestida . nah jika anda tertarik untuk budidaya buah tomat di  dalam pot langsung saja anda baca artikel di bawah ini .

tomat di pot

A. TEMPAT DAN MEDIA TANAM

Budidaya tomat dalam pot ataupun polibet dan juga bis memanfaat kan juga kaleng bekas , ember plastik ,dan wadah tempat lainnya . media tanah yang di gunakan adalah pupuk kandang atau pupuk kompos yang sangat lah subur .perbandingan antara 1 : 1 dan juga bisa 1: 3 tergantung tingkat kesuburan tanah nya . wadah tempat yang akan di gunakan bawahnya di lubangi dan di tutup dengan pecahan gendeng untuk aliran air siraman . setelah itu isi dengan media yang telah di siapkan tadi .

B. PERSEMAIAN

Tomat di perbanyak dengan bijinya , Di semai terlebih dahulu baru di taruh wadah dan di tempatkan pada suhu yang rendah , Sebulan kemudian biji yang telah bertunas itu perlu di pindahkan ke tempat penanaman lainnya  , lalu sesudah itu biarkan sampai berukuran 10 cm baru bisa di pindahkan ke pot .

C. PENANAMAN

Yang harus di perhatikan sebelum penanaman yaitu media tanah harus disiram dahulu , untuk memindahkan tanaman persemian harus lah hati-hatijangan sampai akar tanaman rusak dan patahdan penanaman harus di lakukan sore hari.

D. PERAWATAN

Perawatan tanaman tomat dalam pot lebih mudah karena kesehtan tanaman lebih terkontrol dan penularan penyakit lewat akar dapat terhindar .beberapa perawatan yang rutin yang sangat bagus perlu di perhatikan yaitu sebagai berikut :

Periksa tanaman setiap hari , barang kali terkena hama dan penyakit . bila di jumpai hama dan di matikan dengan cara di jepit ataupun di jauh kan dari tanaman . bila ada tanaman yang mengalai kelayuan maka di buang saja agar tanaman tidak menulari tanaman lain.

Bila tanaman kurang subur maka anda ahrus menambah pupuk pada tanah yang ada di pot . bila tanaman sudah tumbuh membesar turus agar dapat menyokong pertumbuhan pada tomat .  jangan biarkan media tanah kering siram lah secara rutin minimal 3 x sehari dan jangan juga memberi air secara berlebihan karena menimbulkan kekuningan pada daun juga .

E. MANFAAT TANAMAN TOMAT

  1. Buah tomat dapat menangkal penyakit kanker
  2. Buah tomat dapat mencegah kerusakan DNA pada tubuh
  3. Buah tomat dapat mencegah penyakit jantung
  4. Buah tomat dapat melindungi trombosis dalam darah
  5. Buah tomat dapat meredakan peradangan .

Itulah tambahan sekilas tentang  manfaat buah tomat bagi tubuh anda , jika ingin lebih jelas liat selengkapnya di sejuta manfaat buah tomat bagi tubuh.

Nah itu lah ternik ampuh penanaman tomat dalam pot semoga bermanfaat bagi pembaca dan juga mencobanya , karena sangat lah simple dalam membudidaya kan buah tomat di dalam pot.

Baca Juga Artikel :

4 Comments

Add a Comment
  1. terimakasih tips menanam tomatnya bang, sangat membantu.

    1. fredikurniawan

      iya makasih gan. untuk lebih lengkapnya bisa kunjungi langsung ke website kami di fredikurniawan.com

  2. Tanaman tomat cherry dapat tumbuh baik pada dataran tinggi dengan ketinggian 600-1200 meter dpl. Kondisi suhu optimal dalam pertumbuhannya adalah 16-C dan pH tanah 5,5 hingga 7. Tomat cherry jarang dibudidayakan di ladang konvensional. Tanaman ini lebih sering dibudidayakan dalam Jika Anda tertarik untuk menaman tomat cherry di rumah, Anda dapat menanamnya di dalam pot. Tahapan penanaman dibagi menjadi 2 yaitu penyemaian bibit dan penanaman dalam pot.

    1. fredikurniawan

      Thanks tambahan gan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme