7 Cara Membedakan Ikan Lemon Jantan dan Betina 

Diposting pada

Ikan lemon merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak dikembangkan dan budidayakan terutamanya di Indonesia. Ikan ini berasal dari benua Afrika lebih tepatnya di danau Malawi, kemudian di kembangbiakan di sepanjang danau Tangayika hingga mencapai 20.000 ekor atau lebih.

membedakan ikan lemon jantan dan betina

Baca: Pengertian Tanaman Hias – Jenis, Contoh dan Manfaatnya Terlengkap

Ikan ini juga memiliki sebutan Electric yellow cichlid,ikan lemon electric lab, electric yellow lab, lemon yellow cichlid. Ikan ini memiliki nama Latin Neolamprolagus leleupia termasuk dalam famili Cichlidae Sementara itu ikan ini juga termasuk kedalam ikan omnivora, pemalu  dan Mudah beradaptasi dengan segala macam ikan.

Banyak permintaan di pasar domestik atau Internasional, ikan lemon ini memiliki harga jual lumayan tinggi dan pemeliharaan meningkat. Namun, sebagian masyarakat kesulitan menentukan/memilih ikan lemon jantan dan betina dengan tepat.

Cara Membedakan Ikan Lemon Jantan dan Betina

1.Ukuran badan

Ikan lemon jantan memiliki ukuran yang lebih besar dan panjang jika di bandingkan dengan ikan lemon betina memiliki ukutan lebih pendek dan tampak lebih mengumpal. Jika di amati dengan teliti atau dari sampi ikan betina memiliki perut lebih besar sedangkan jantan lebih ramping.

2.Warna ikan lemon

Pada ikan lemon jantan memiliki warna kuning yang lebih cerah dan kontras dibandingkan dengan ikan lemon betina sedikit pucat dan tidak terlalu mencolok. Perlu di ketahui ikan lemon baik jantan dan betina memiiliki warna dominan kuning.

3.Ukuran kepala

Ikan lemon jantan memiliki kepala lebih besar di bandingkan dengan lemon betina. Namun apabila kalian menemukan ikan betina memiliki kepala lebih besar kemungkinan itu sudah melakukan persilangan dengan spesies lemon lain.

4.Venting (Melihat organ reproduksi)

Ikan lemon jantan memiliki kelamin berbentuk meruncing ke bagian ujung sementara ikan lemon betina memiliki kelamin berbentuk seperti huruf U dan bulat di bagian ujung.

Apabila kalian melihat dari arah samping organ reproduksi/alat kelamin ikan jantan lebih cenderung mengarah ke bagian ekor dan betina mengarah ke depan.

5.Marking pada sirip atas/bawah

Ikan lemon jantan dominan memiliki sirip atas dan bawah berwarna hitam sementara ikan lemon betina berwarna hitam kekuningan. Selain itu, untuk warna sirip pada ikan lemon jantan lebih cerah di bandingkan dengan ikan lemon betina tampak pudar.

6.Bentuk Perut

Ikan lemon betina memiliki bentuk perut lebar dan besar sementara ikan lemon jantan bentuk tubuh lebih raming/ideal dan memanjang. Apabila ikan lemon masih berukuran kecil sebaiknya lakukan pengukuran agak lebih akurat.

7. Tingkah laku ikan lemon

Ikan lemon memiliki pergerakan lebih agresif, gesit dan lincah sementara ikan lemon betina pergerakan lambat, santai dan tidak terlalu banyak bergerak. Hal ini bisa kalian amati secara langsung pada saat menentukan ikan lemon betina dan jantan.

Baca: Manfaat Teh Hijau Bagi kesehatan dan Kecantikan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.