7 Cara Membedakan Ikan Louhan jantan dan betina 

Diposting pada

Membedakan ikan louhan jantan dan betina – Budidaya ikan hias air tawar merupakan salah satu usaha yang sangat menguntungkan dengan prospek yang cerah karena potensi pemasaran masih terbuka secara umum baik pasar domestik maupun internasional. Terutamanya ikan louhan, Ikan louhan ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak digemari pembudidaya terutamanya di Indonesia.

Ikan louhan jantan dan betina

Baca: Ikan Tawes – Klasifikasi, Ciri Morfologi, Jenis, Habitat dan Cara Budidaya 

Namun, salah satu kendala masyarakat yang sering terjadi adalah cara memilih bibit maupun indukan ikan lauhan jantan dan betina. Sebagian para peternak ikan kesulitan menentukan/membedakan jantan dan betina. Berikut ini kami ulas cara mengetahui/membedakan ikan louhan jantan dan betina;

Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina

1. Venting (melihat alat kelamin ikan louhan)

Cara ini bisa dilakukan ketika louhan sudah berumur 4-5 Minggu atau memiliki ukuran 7 cm atau lebih. Ikan ini langsung di angkat kemudian di amati kelaminnya.

Ikan louhan jantan memiliki bentuk kelamin berbentuk V atau meruncing ke bagian ujung sementara ikan louhan betina memiliki bentuk seperti huruf U dan membulat di bagian ujung. Apabila kita lihat dari samping alat kelamin jantan lebih cenderung mengarah ke bagian ekor sementara betina mengarah ke arak kepala/depan.

2.Marking pada sirip atas/dorsal

Apabila ikan louhan memiliki marking atau tanda hitam di bagian sirip atas maka kemungkinan besar adalah ikan louhan betina. Sementara ikan louhan jantan marking di bagian atas tidak memiliki sama sekali. Terutama ikan louhan jenis cencu kemungkinan bisa mencapai 80% memiliki marking.

3.Ukuran badan

Cara ini memang tergolong sangat sulit apabila ikan louhan jantan dan betina masih memiliki umur sama. 1 cara memilih jantan dari anakan dengan umur yang sama adalah dengan melihat ukuran tubuhnya. ikan jantan lebih cenderung tumbuh lebih cepat dan besar jika dibandingkan dengan betina.

4. Melihat Warna

Untuk dapat membedakan ikan louhan jantan dan betina lebih akurat itu dengan melihat warna. ikan louhan jantan memiliki warna lebih cerah dan kontras dibandingkan dengan ikan betina yang sedikit muda dan tidak terlalu mencolok.

5. Lihat dari Jenong

Ikan jantan louhan memiliki Jenong lebih besar dibandingkan dengan betina. Apabila kalian menemukan ikan betina memiliki jenong lebih besar itu karenakan sudah berbeda varietes atau sudah mengalami perkawinan silang dengan jenis ikan louhan lain.

6.Bentuk perut

Ikan louhan betina memiliki bentuk perut besar dan lebar sementara ikan louhan jantan memiliki bentuk tubuh/perut lebih ramping. Apabila ikan louhan berukuran kecil maka di lakukan pengamatan secara teliti agar tidak salah membedakan.

7. Tingkah laku louhan

Ikan louhan jantan memiliki tingkah atau pergerakan lebih agresif, gesit dan lincah sementara ikan louhan betina pergerakan lebih santai dan tidak terlalu banyak bergerak.

Baca: Ikan Wader Pari – Klasifikasi, Ciri Morfologi, Habitat dan Cara Merawatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.