Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Pengertian Hidroponik dan Manfaatnya

Pengertian Hidroponik dan Manfaatnya – Hidroponik merupakan salah satu media tanam tanpa menggunakan tanah sebagai pertumbuhan tanaman. Penanaman ini merupakan hal baru dalam dunia pertanian, namun banyak sekali masyarakat yang tidak mengetahui cara melakukannya dan apa keuntungannya.

1

Dengan menggunakan hidroponik, para petani akan dapat meningkatkan kualitas dan hasil produksi tanaman yang dapat di lakukan dengan menggunakan lahan sempit di perkotaan dengan media rumah kaca. Untuk menghasilkan produksi tanaman yang baik dan juga melimpah, para petani harus memperhatikan faktor yang mempengaruhi kualitas dari tanaman yang salah satunya adalah tingkat kelembapan pada rumah kaca atau lainnya.

Tanaman yang menggunakan hidroponik dapat di tanam menggunakan pot atau wadah dengan menggunakan air atau bahan lainnya berupa kerikil, pecahan genteng pasir, pecahan batu ambang dan lain sebagainya sebagai media penanaman. Perlu di ketahui manfaat menggunakan media ini sangatlah besar seperti sebagai berikut :

  • Tanaman lebih tahan dan kuat terhadap hama dan penyakit.
  • Produksi tanaman lebih jauh lehih tinggi.
  • Tanaman lebih cepat tumbuh dan berkembang.
  • Pemupukan yang di gunakan lebih efektif dan efesien.
  • Tanaman memberikan hasil yang kontinu.
  • Lebih mudah dalam perawatan dan juga tidak membutuhkan tenag lebih besar.
  • Dapat di lakukan di tempat yang luas dan terbatas.
  • Tanaman dapat tumbuh degan baik meskipun tidak semestinya di tanam.

Keuntungan ini memberikan hasil yang lebih memuaskan bagi para petani,sehingga para petani tidak akan mendapatkan kerugian yang besar dalam penanam tanaman. Namun, jika anda tidak mengetahui tanaman bisa di tanam dalam media ini. Berikut jenis tanaman yang dapat di gunakan dalam media hidroponik.

Jenis tanaman yang di gunakan dengan media hidroponik

  • Sayuran : selada, sawi, pakshoi, tomat, wortel, aspragus, brokoli, cabai, seledri, bawang merah, bawang putih, bawang daun dan lain-lainnya.
  • Tanaman buah-buahan : melon, tomat, mentimun, semangka, strawberry, paprika dan lain-lainnya.
  • Tanaman hias: krisan, gerberra, angrek, kaladium, kaktus dan lain-lainnya.

Jika sudah mengetahui tanaman yang sangat cocok di gunakan dalam media ini, para petani bisa langsung mencoba penanam dengan media hidroponik ini.

Dekianlah pengertian hidroponik dan manfaatnya semoga informasi dapat membantu dan berguna bagi para pembaca. Terima kasih

Baca juga :  Cara Budidaya Sayuran Secara Hidroponik

2 Comments

Add a Comment
  1. hernawan

    sangat membantu…..

    1. fredikurniawan

      Thanks gan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme