Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Perbanyakan Tanaman Dengan Biji

Perbanyakan Tanaman Dengan Biji – Perbanyakan dengan biji ( Generatif ) meruapakan perbanyaknyang di lakukan untuk mendapatkan produksi tanaman meningkat, tahan terhadap penyakit dan juga mendapatkan bibit atau benih yang berkualitas tinggi.

0

Perbanyakan ini di lakukan dengan menyediakan indukan yang sudah menghasilkan biji yang berkualitas, sudah memiliki umur 2-3 tahun, menghasilkan produksi maksimal, tidak terserang hama dan penyakit pada indukan. Selain itu, pertumbuhan yang sangat cepat sangatlah penting dalam penanaman. Berikut cara memperbanyak tanaman dengan biji dengan hasil yang maksimal.

a. Pemilihan biji untuk perbanyakan

  • Pemilihan biji dari tanaman yang sudah layak besar dan sehat serta sudah matang. Phon indukan yang di pilih sudah memenuhi syarat untuk di jadikan bakal bibit.
  • Biji yang sudah di dapatkan dari indukan sebaiknya lakukan pencucian hingga bersih. Biji yang di pilih besar, padat, warna mengkilat, tiadak terserang hama da penyakitdan tidak abnormal.
  • Setelah biji sudaj di bersihkan lakukan perendaman dengan larutan fungisida berupa furan dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan untuk menghindari serangan hama dan penyakit, serta dapat memperkuat tanaman.

b. Penyemaian biji dalam wadah persemaian

  • Untuk memudahkan perawatan biji sebaiknya di semai dalam wadah yang terbuat dari kotak atau plastik dan polibag.
  • Meia untuk persemaian harus mempunyai aerasi baikm subur, gembur dan banyak mengandung bahan organik. Misalnya melakukan pengelolahan tanah dengan pencampuran pupuk kandang dan pupuk lainnya.
  • Biji yang akan di semaikan di tabur di atas media tanah, kemudian lakukan penutupan kembali dengan tanah yang sudah di campurkan pupuk setebal 1-2 cm dan siram sampai tanah basah.
  • Dalam perawatan persemaian ini di lakukan peyiraman 2 kali dalam satu hari, penyaingan dengan baik dan pemupukan kembali.

c. Penyemaian biji dengan bedengan

  • Bjji tanaman bisa juga di lakukan dengan media bedengan. Bedengan di buat dengan baik, gembur dan subur serta sudah di campur dengan pupuk penyubur lainnya. Bedengan ini di buad dengan ukuran lebar 2-3 meter, sedalam 25-30 cm dan panjang tergantung dengan lahan dan pemilik.
  • Setelah bedengan sudah siap , maka selanjutnya persemaian biji di lakukan penanaman dengan jarak tanam 7-8 cm atau berdenpetan pun juga bisa. Kemudian lakukan penutupan permukaan tanah.
  • Untuk menghindari air hujan yanng deras sebaiknya membuat parit atau naungan di sekitar bedengan.
  • Biji yang sudah di semaikan akan berkecambah mulai 1-3 minggu setalh tanam. Langsung bisa di pindahkan kedalam polibag atau wadah lainnya untuk pertumbuhan lebih baik.
  • Dalam perawatan dengan media bedengan ini harus di lakukan dengan intensif karena benih atau bibit sangat sensitif terhadap serangan hama dan penyakit maupun serangan dai binatang luar.
  • Penyiraman dalam perawatan media ini saa dengan polibag yaitu 2 kali dalam yaitu hari, namun pemberiaan pupuk hanya sewajarnya saja .

Itulah cara memperbanyak tanaman dengan biji semoga para petani dapat mengetahuinya dan mengaplikasikan di rumah. Selamat mencoba.

Baca juga : Perbanyakan Tanaman Secara Vegetatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme