Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Sistem Pencernaan Kuda Beserta Fungsinya

Sistem Pencernaan Kuda Beserta FungsinyaKuda (Equus caballus atau Equus jerus caballus) adalah salah hewan yang memiliki banyak manfaat, dan fungsi yaitu dapat digunakan sebagai hewan peliharaan, olahraga dan bahkan transportasi.  Hal ini dikarena kuda mudah dikendalikan, dan diatur oleh manusia.

Baca: Sistem Pencernaan Ikan Beserta Fungsinya

Kuda juga merupakan ternak non ruminansia, dikarenakan sistem pencernaan kuda diawali dengan enzimatik yang dilanjutkan dengan pencernaan fermentatif.  Pencernaan kuda memiliki ciri khusus, yaitu memiliki ukuran kapasitas aluran pencernaan bagian belakang lebih besar dibandingkan bagian depan.  Ada beberapa organ sistem pencernana secara umum pada kuda diantara adalah sebagai berikut:

Sistem Pencernaan Kuda Beserta Fungsinya

1. Rongga Mulut

Mulut adalah bagian pertama sistem penceraan yang mempunyain 3 fungsi, yaiyu mengambil pakan, penghalusan secara mekanik dan pembasahan pakan dengan saliva.  Rongga mulut terdapat organ pelengkap, yaitu lidah, gigi dan saliva.

  • Lidah berfungsi sebagai alat pengecap atau perasa pakan yang biasa di makan kuda.
  • Gigi bergungsi sebagai menentukan umur, dan menghaluskan pakan yang didalam mulut.
  • Saliva berfungsi sebagai pelicin dalam mengunyah dan menelan pakan, mengatur temperatur rongga mulut dan pelindung mukosa mulut serta detoksikasi.

2. Pharynx dan Esophagus

Pharynx adalah organ penyambung antara rongga mulut dan Esophagus. Esophagus kuda memiliki panjang 62 cm, lebar lambung 4.5 cm dan berat lambung 0.6 kg.  Esophagus letaknya membentuk sudut curam sehingga membentuk katup satu arah atau seperti selang (kerongkongan). Fungsi utama esophagus digunakan untuk menyalurkan makanan dari mulut menuju kelambung.

3. Lambung (Gastrium)

Lambung kuda memiliki ukuran relatif kecil dibandingkan dengan ternak ruminansia. Lambung kuda dewasa, memiliki panjang 38.5 cm, lebar 28 cm dan berat mencapai 1 kg. Lambung berbentuk, seperti parutan kelapa, isi lambung berwarna kuning dan memiliki tekstur kasar serta kering. Fungsi utama lambung digunakan untuk tempat penyimpanan makanan sementara, dan tempat fermentatif (asam laktat).

5. Pankreas

Pankreas pada kuda sangat berbeda dengan ternak ruminansia. Kuda spesifik memiliki konsentrasi enzim dan kadar HC03 rendah.  Fungsi utama pankreas untuk memecah enzim polimer hati, lemak dan protein, seperti amylase, lipase dan tripsin.

6.Usus Halus 

Usus halus atau usus kecil pada kuda terdiri dari 3 bagian, yaitu duedenum, jejenum dan ileum. Secara umum, usus halus memiliki panjang  11, 33 cm, lebar 6 cm dan berat 3.3 kg.  Secara anatomi, usus halus bagian dudenum mempunyai lebar 3 cm, jejenum 8 cm dan ileum 5 cm. Fungsi utama usus halus digunakan sebagai tempat mencerna karbohidrat, protein dan lemak serta tempat absorbsu vitamin dan mineral. Adapun fungsi 3 bagian dari usus halus diantara yaitu:

  • Duedenum berfungsi untuk mencerna makanan secara kimiawi dengan bantuan enzim-enzim pencernaan yang sebagian berasal dari pankreas.
  • Jejenum berfungsi untuk melakukan proses penyerapan nutrisi dari pakan yang dicerna.
  • Ileum berfungsi untuk menyerap pakan yang belum diserap sebelumnya, dan mengatur katup ileosekal dari usus besar ke usus halus.

7. Usus Besar

Usus kasar (usus besar) terdiri dari caecum, colon dan rektum. Secara umum berat usus besar kuda 2.5 kg, panjang 165 cm dan lebar 14.5 cm, dengan tekstur kering serta berwarna hijau gelap.

  • Caecum berfungsi sebagai tempat fermentasi, dan terdapat gerakan penduler (mencampur) penyerapan dengan maksimal.
  • Colon berfungsi sebagai tempat proses fermentasi , absorbsi air dan elektrolit intensif.
  • Rectum berfungsi sebagai tempat pembentukan feses dan penyimpanan sementara sebelum dikeluarkan ke anus.

8. Anus 

Anus adalah organ akhir dari sistem pencernaan. Sisa makanan setelah semua sisa makanan diserap, akan dikeluarkan dari tubuh ternak kuda. Fungsi utama anuas adalah tempat pembuangan sisa makanan atau keluarnya feses, dan tempat proses defekasi.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang  Sistem Pencernaan Kuda Beserta Fungsinya. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat, terima kasih.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme