Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa Sawit

Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa Sawit – Budidaya/menanam kelapa sawit adalah salah satu yang banyak dikembangkan oleh masyarakat Indonesia, karena menguntungkan dan dapat menambah penghasilan yang diproleh.

Pertumbuhan, perkembangan dan produksi kelapa sawit sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor luar maupun faktor dari tanaman itu sendiri. Terutamanya faktor lingkungan, daktor genetis dan faktor teknis agronomis. Faktor tersebut akan saling mempengaruhi satu sama lain.

Baca: Cara Pemupukan Tanaman Jagung Manis

Untuk mencapai produksi kelapa sawit yang maksimal diharapkan mengetahui beberapa faktor utama sebelum melakukan budidaya/menanam kelapa sawit diantaranya adalah sebagai berikut:

Syarat Tumbuh Kelapa sawit 

1. Iklim

  • Ketinggian tempat 100-100 meter dari atas permukaan laut (m dpl).
  • Curah hujan yang dikehendaki antara 2000-2500 mm/tahun.
  • Penyinaran matahari optimum yang diperukan 5-7 jam/hari, dengan suhu optimum berkisar 29-300
  • Kelembaban udara dan angin, kelembaban udara optimum bagi tanaman kelapa sawit berkisar 80%-90%, sedangkan angin normal tidak terlalu kencang.

2. Media Tanah

  • Dapat tumbuh berbagai jenis tanah antara lain podsolik, andosol dan alluvial.
  • pH optimum tanah 4,0-7,5
  • Adapun tanah yang kurang baik pada tanah kelapa sawit adalah tanah yang berdrainase buruk, tanah laterit (mengandung besi), pasir dan tanah gambut yang dalam.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa sawit. Semoga berguna dan bermanfaat. Jangan lupa share/bagikan dan komentar.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme