5 Fakta Unik Tentang Bunga Edelweis

Diposting pada

5 Fakta Unik Tentang Bunga Edelweis – Bunga edelwis merupakan salah satu bunga yang sangat populer dan juga banyak di kenali banyak masyarakat, bunga ini juga di kenal sebagai bunga abadi. Bunga eldewis ini di perkiraan berasal dari sebuah dataran tinggi Asia Tenggara. Tanaman ini tumbuh dengan baik pada dataran tinggi dengan suhu dingin, biasanya juga dapat di temukan pada area sekitar pegunungan.

1

Secara umumnya, bunga ini memiliki warna yang sangat beragam dan bervariasi mulai dari warna kekuningan, keungguan, merah mudah dan juga kemerahan. Selain itu, tanaman ini juga memiliki beberapa fakta unik dan menarik yang jarang di ketahui banyak orang, diantara adalah sebagai berikut ini.

1. Mendapat sebuah julukan bunga abadi

Bunga edelwis ini juga merupakan bunga abadi, hal ini di karenakan bunga edelweis yang memiliki hormon etilen yang berguna sebagai penekanan hormon sehingga bunga ini tidak dapat gugur dan juga dapat bermerakaran hingga 10 tahun bahkan lebih baik dalam penyimpanan di tempat kering maupun dengan suhu ruangan.

2. Hanya tumbuh di pegunungan

Bunga edelweis ini hanya tumbuh dengan baik pada pegunungan atau dataran tinggi. Misalnya saja di Indonesia bunga edelweis ini tumbuh pada daerah pegununggan di Jawa, Sumatra selatan, Sulewesi Selatan, dan Lombok. Biasanya akan berbunga sekitar pada bulan April dan Agustus.

3. Sebagai bahan obat

Bunga edelweis juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh, karena  bunga ini memiliki ekstrak kandungan yang sangat beragam sehingga dapat di manfaatkan sebagai bahan obat.

Jaman dahulu juga ternyata bunga ini sudah lama di gunakan sebagai bahan obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti diare, disentri, TBC dan diftri.

Hal ini di karenakan bunga ini memiliki kandungan anti-oksidan yang cukup tinggi dan banyak, yaiti anti mikroba yang dapat membunuh jamur dan bakteri serta memiliki sifat anti – inflmasi atau radang.

4. Mikoriza

Bunga edelwesi merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh dengan baik pada tanah vulkanik muda di hutan pegunungan dan juga mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya di atas permukaan tanah tandus, karena mampu membentu mikoriza dengan jamur tanah tertentu sehingga perakaran bunga tersebut akan menyebar dengan luas di berbagai permukaan tanah.

Dengan adanya mikoriza ini,  bunga edelweis ini mendapatkan nutrisi yang dapat membantu untuk kelangsungan hidupnya dan juga membuat tanaman ini berbunga dengan baik.

5. Varietes beragam

Bunga edelweis ini memiliki varietes yang sangat banyak dan beragam, bahkan ada sekitar 200 spesies yang menyebar di berbagai belahan dunia. Namun hanya beberapa saja yang di temukan, di antaranya kawasan Indonesia yaitu ada 3 jenis varietes.

Baca juga : 10 Fakta Unik Tentang Bunga Kamboja Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.