Cara Menanam Selada air Dengan Mudah

Diposting pada

Cara Menanam Selada air Dengan Mudah – Selada air merupakan sebuah jenis sayuran yang spesies dari sayuran sawi , kol dan aeugula . Selada air ini biasanya di gunakan dalam salad , sup , roti isi dan untuk memberikan rasa pedas yang sangat lah alami . Tanaman ini dianggap sebagai tanaman akuatik ( tahan lama ) yang sering di temukan di aliran air . Tetapi anda kali ini akan di pandu untuk menanamnya sendiri di dalam bak atau lainnya .

seledri air

Berikut cara menanam atau budidaya selada air dengan mudah .

1.Beli biji yang sudah ada , Jenis seledri yang akan di tanam yaitu English Watercress dan Broad Leaf cress . Anda juga bisa menanam seledri air yang sudah besar Dengan cara merendam tangkai di dalam air seperti anda akan menanam di mulai dari biji.

2.Menyiapkan wadah untuk penanaman , Pilih lah wadah yang besar dengan memiliki lubang draines yang dalamnya mencapai 15,2 cm . Kemudian tambahkan lapisan kain lanskap di dasr wadah untuk menjaga media tanam tidak hanyut pada saat di lakukannya penyiraman . kemudian tambahkan serpihan pecahan pot atau batu-batu kecil pada lapisan dasar agar wadah tetap posisi baik .

3.Letakan baki drainase yang besar di bawah wadah menanam agar tanaman diaari dengan baik setiap waktu , Anda juga bisa meletakan batu – batu kecil dalam baki draines agar air bisa mengali bebas ke dalam wadah menanam .

4.Isi wadah dengan media tanam , Gunakan media tanam tanpa tanah yang sudah berdarainase baik dan mengandung gambut . Tinggal kan ruang 5 cm atau bibir wadah dan siram tanah dengan baik . Sebaiknya keasaman atau pH medi tanam 6.7 – 7.5 .

5.Menaburkan biji selada air , Masukan biji 0.64 cm di dalam wadah penanaman , berjarak 7,6  hingga 10 ,2 cm di antara setiap biji .

6.penyiraman dengan banyak air , Rendam media tanam dalam hingga hari mengisi baki drainase di bawah kurang lebih setengah penuh , Tetapi jangan biarkan air lebih tingi dari wadah menanam . ganti air dalam baki drainase dengan air yang baru setiap 2 – 3 hari.

7.Letakan wadah di bawah matahari secara tidak langsung , Posisi kan selada air di tempat yang terkena cahaya matahari minimal 6 jam , Tetapi hindari kontak langsung matahari dengan tanaman yang akan membakar daun mudah .  sebaiknya anda meletakan ke ruangan dengan suhu 13 – 24 C .

8.Beri selada air pupuk , lakukan pemupukan sedikit pupuk kebun yang mudah larut di dalam air sesuai dengan takaran air di dalam wadah penanaman .

9.Pemanenan selada air , Setelah tanaman sudah berumur kurang lebih 12.7 – 15 .2 cm , lakukan pemanenan dengan cara penguntingan bagian daun atas.

  • Hindari pemotongan lebih dari 1/3 tanaman ketika agar tanaman memiliki daun yang cukup bagus
  • Panen secara periode memnbantu pertumbuhan baru pada tanaman .

10.cuci selada air , Jika sudah di lakukan pemanenan akan di lakukan sebuah pencucian hingga bersih dan lakukan pengemasan, Dan lakukan penyimpanan di dalam kulkas maupun di tempat lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.