Cara Mengatasi HP Android Lemot Biar Ngebut, Normal Kembali

Cara mengatasi HP lemot sangat mudah dan tidak memerlukan pengetahuan khusus untuk memperbaiki masalah tersebut. Bahkan jika Anda sangat awam dengan teknologi sekalipun, ada banyak tutorial di internet yang menyediakannya.

mengatasi HP lemot

Lemot atau melambatnya kinerja sistem operasi merupakan salah satu masalah teknis yang sering dialami pemilik ponsel. Untuk mengatasi permasalahan tersebut hingga kembali normal, simak beberapa metodenya di bawah berikut ini.

Cara Mengatasi Mengatasi HP Lemot Agar Sistemnya Kembali Lancar

Rutin memeriksa ketersediaan pembaruan, mencopot aplikasi yang tidak digunakan, hingga membersihkan ruangan internal, merupakan beberapa metode yang bisa dicoba. Caranya sangat mudah karena langsung memanfaatkan fitur-fitur dan indikator bawaan ponsel.

1. Rutin memeriksa ketersediaan pembaruan sistem

Pemilik ponsel tentu tidak akan melewatkan pembaruan perangkat lunak (OS) yang diberikan secara berkala. Selain menambahkan fitur-fitur terbaru, proses update tersebut juga memperbaiki struktur kode pada sistem agar tidak lemot.

Beberapa aplikasi seringkali membuat kinerja perangkat melambat sehingga memerlukan pembaruan dari sisi OS agar kompatibel. Adanya bug (kode errro) penyebab lemot pada ponsel juga biasa diatasi lewat update secara otomatis.

2. Copot pemasangan aplikasi yang jarang di gunakan

Selain pemeriksaan pembaruan, mengatasi HP lemot juga bisa dengan cara menghapus aplikasi yang jarang digunakan. Selain membuat ruang penyimpanan internal lebih lega, beban kinerja sistem secara tidak langsung akan berkurang.

Sebagai pengguna, terkadang Anda merasa perlu untuk memasang berbagai aplikasi Tanpa disadari, dampak dari hal tersebut sangat buruk karena sistem harus menjalankan banyak aplikasi sekaligus, sehingga perangkat menjadi sangat lambat.

3. Bersihkan ruang penyimpanan internal

Sama seperti bahasan sebelumnya, Anda bisa mengatasi ponsel yang lambat dengan rutin mengurangi sisi ruang penyimpanan internal. Beberapa jenis file seperti dokumen, file, foto, hingga video, seringkali membuat sistem melambat.

Dalam beberapa kasus, ponsel milik pengguna bahkan mengalami hang (freeze). Namun jika enggan menghapus, Anda bisa memindahkan file-file tersebut ke perangkat lainnya agar ponsel tidak lemot.

Cara Lainnya untuk Mengatasi Ponsel Lemot agar Normal Kembali

Selain cara di atas, mengatasi HP lemot juga bisa dengan memanfaatkan fitur-fitur di dalam ponsel. Mulai dari mengamati koneksi jaringan internet, mengurangi kinerja aplikasi di belakang layar dan sebagainya.

1. Cek kualitas koneksi jaringan internet

Ponsel yang lemot juga bisa di sebabkan karena terganggunya koneksi dengan jaringan internet. Secara teknis, hal tersebut terjadi karena sumber saya sistem di alihkan sepenuhnya untuk mencari sinyal yang di anggap tepat.

Agar proses tersebut bisa di lakukan, Anda bisa mengubah jenis jaringan dari seluler ke sambungan Wifi. Bisa juga dengan cara berpindah ruangan yang dekat dengan router agar mendapatkan sinyal berkekuatan tinggi.

2. Kurangi kinerja aplikasi berjalan di belakang sistem

Mengatasi HP lemot ternyata juga bisa di lakukan mengurangi kinerja aplikasi yang sedang berjalan di belakang sistem. Jika di biarkan, proses ini akan membebani kinerja RAM sehingga perangkat menjadi lambat dari sebelumnya.

Metode ini sangat tepat di lakukan oleh pemilik ponsel dengan kapasitas RAM yang pas-pasan. Periksa juga pengaturan pada aplikasi tersebut, apakah Anda mengijinkan untuk tetap berjalan di belakang layar atau tidak.

3. Menghapus sampah file berupa chace

Opsi berikutnya adalah menghapus file-file sampah sistem berupa cache yang seringkali menumpuk tanpa di sadari. Selain membuat sistem menjadi lemot, penumpukkan tersebut juga memakan banyak ruang penyimpanan internal sehingga kapasitasnya berkurang.

Anda bisa menggunakan fitur bawaan ponsel untuk menghapus cache tersebut dengan mudah. Atau bisa juga memasang aplikasi pihak ketiga yang biasanya memiliki opsi khusus berupa pembersihan hingga ke bagian memori.

Ponsel yang melambat secara teknis sangat mengganggu dan membuat penggunanya tidak nyaman. Jika Anda mengalami hal demikian, beberapa cara di atas bisa menjadi panduan untuk mengatasi HP lemot secara efektif.

Baca: 3 Cara Menghapus Halaman Kosong di Word Dengan Cepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *