3 Cara Menghapus Halaman Kosong di Word Dengan Cepat

Diposting pada

Ketika sedang mengerjakan tugas, terkadang menghapus halaman kosong di Word itu diperlukan. Walaupun tidak berpengaruh terhadap isi tulisan, tapi menyebabkan tampilannya sedikit mengganggu karena kurang rapi, apalagi letaknya di bagian tengah.

Bagi sebagian orang, mengatasi kondisi ini dianggap merepotkan saat harus menghapus dengan cara manual satu per satu menggunakan tombol delete atau backspace padahal lembaran dokumen banyak. Tentu saja kebutuhan waktunya sangat lama.

Berbagai cara menghapus lembaran dokumen kosong ini secara cepat akan dibahas pada uraian berikut. Tapi sebelumnya, Anda perlu mengetahui apa saja kemungkinan penyebab lembaran dokumen tersebut tidak bisa dihapus.

Baca: 6 Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop Dengan Mudah

Penyebab Halaman Kosong di Microsoft Word Tidak Bisa Dihapus

Sebenarnya ada berbagai penyebab mengapa halaman kosong yang ada di Microsoft Word tidak bisa dihapus. Mengetahui penyebabnya sangat penting supaya metode menghapus halaman kosong di Word yang dilakukan tepat dan cepat.

Salah satu penyebabnya adalah menyisipkan karakter sembunyi atau simbol, seperti paragraf kosong, section break atau page break. Biasanya hal ini terjadi karena ketidaksengajaan penulis saat mengoperasikan Microsoft Word.

Bila hanya satu halaman saja yang mengalami kondisi ini mungkin tidak menjadi masalah. Tapi, bayangkan bila yang kosong ada beberapa dengan dokumen dengan jumlah lembaran dokumen sangat banyak. Tentu cara secara manual akan menghabiskan banyak waktu dan tidak efektif.

Cara Menghapus Halaman Kosong di Word Lebih Cepat

Supaya menghapus halaman kosong di Word lebih efektif dan cepat, ada beberapa cara bisa Anda lakukan.

1. Dengan Nomor Halaman

Cara pertama, dengan nomor halaman. Langkah pertama, buka dokumen Word yang ingin dihapus lembaran kosongnya. Setelah itu, tekan tombol Ctrl + G pada keyboard. Tombol ini akan membawa Anda menuju ke menu Find and Replace bagian Go To – Page.

Lanjutkan langkah dengan memasukkan nomor halaman yang ingin dihapus. Pastikan inputan nomor yang ingin dihapus sudah benar. Bila sudah, tekan Enter, lalu klik Close. Setelah itu tekan Delete atau Backspace.

Metode satu ini cocok diterapkan bila jumlah yang ingin dihapus ada beberapa dan letaknya tidak berurutan. Dari pada menghapus secara manual menuju ke halaman satu per satu, tinggal menginputkan nomor lebih cepat.

3. Melalui Navigation Pane

Metode berikutnya melalui fitur Navigation Pane. Awali dengan membuka dokumen Word yang ada lembaran dokumen kosongnya dan ingin dihapus. Cari fitur Navigation Pane pada menu View bagian Show, lalu tekan.

Setelah itu, pilih sub menu Pages dan akan muncul seluruh halaman dokumen Anda versi mini. Akan tampak di sana lembaran dokumen mana saja yang kosong, sehingga lebih mempermudah dalam memilih.

Klik bagian yang ingin dihapus, lalu tekan tombol Backspace atau Delete.Metode ini cocok bagi Anda yang tidak ingin ribet mencari tahu nomornya. Bahkan informasi nomor lembaran dokumen akan ditampilkan.

3. Mengalami Page Break

Salah satu fitur di Microsoft Word berfungsi sebagai pembuatan halaman baru adalah Page Break. Fitur ini tersembunyi, sehingga perlu trik khusus untuk mendeteksinya, yakni memakai Paragraph Mark.

Untuk menghapus lembaran dokumen kosong yang mengalami Page Break, Anda perlu mengaktifkan fitur Paragraph Mark ini. Letaknya ada pada menu Home bagian Paragraph dengan ikon Show/Hide.

Kemudian akan terdeteksi bagian mana yang mengalami Page Break. Klik tulisan Page Break, lalu tekan tombol Delete atau Backspace pada keyboard untuk menghapusnya.

Sesuaikan metode atau cara ingin diterapkan di atas dengan kenyamanan serta kebutuhan. Bila proses menghapus halaman kosong di Word bisa dilakukan dengan lebih cepat mengapa harus memilih yang lama.

Baca: Cara Mematikan Adblock di Chrome Android dan PC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.