6 Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop Dengan Mudah

Diposting pada

HP Xiaomi bootloop seringkali terjadi karena disebabkan oleh berbagai faktor teknis maupun non-teknis. Bagi pengguna awam, masalah seperti ini dirasa sangat mengganggu aktivitas karena ponsel tidak bisa digunakan seperti biasanya.

Jika Anda mengalami masalah bootlop seperti di atas, tidak perlu panik karena masih bisa diperbaiki. Lama tidaknya proses perbaikan hingga normal sangat tergantung dari kondisi ponsel dan metode yang digunakan.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop

 

Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop Secara Bertahap untuk Pemula

Secara teknis, ada tiga metode yang bisa dipilih untuk mengatasi masalah bootlop pada ponsel Xiaomi Anda. Mula dari opsi factory reset, menggunakan Mi PC Suite, hingga mengunduh Xiaomi Flash Tool.

1. Opsi factory reset untuk kembalikan ke setelah pabrik

Opsi factory reset adalah pilihan pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah seperti bootloop. Cukup menekan tombol power dan volume secara bersama-sama, masuk mode ‘recovery, kemudian pilih ‘wipe data’.

Setelah itu, pilih opsi ‘wipe all data’ dan klik ‘confirm’ agar sistem melakukan proses factory reset. Pilih ‘back to main menu’ untuk kembali ke menu utama, dan tunggu proses reboot.

2. Menggunakan Mi PC Suite

HP Xiaomi bootloop juga bisa diperbaiki dengan menggunakan Mi PC Suite dengan mengunduhnya softwarenya. Prosesnya kurang lebih sama seperti Xiaomi Flash, dan hanya dibedakan dengan penggunaan file bernama ROM Recovery.

Buka ROM Recovery.kemudian tunggu proses verifying hingga selesai dengan posisi ponsel terhubung dengan jaringan internet. Jika telah selesai, ada tanda centang hijau yang akan membuat ponsel melakukan restart secara otomatis.

3. Mengunduh software Xiaomi Flash

Untuh Xiaomi Flash dari situs resminya dan kemudian siapkan beberapa file lainnya untuk proses flashing. Mulai dari ROM Fastboot (.tgz) Android USB driver, dan 15 seconds ADB installer sebagai bootloader.

Caranya adalah mengekstrak Rom Fastboot terlebih dahulu, tekan tombol power dan volume bersamaan. Kemudian buka folder XiaoMiFlash kemudian jalankan program exe di dalamnya, tunggu proses flash beberapa saat hingga selesai.

Penyebab HP Xiaomi Bootlop yang Harus Anda Ketahui

Selain mengatasi HP Xiaomi bootloop dengan metode di atas, Anda juga harus memahami bagaimana masalah itu bisa terjadi. Beberapa di antaranya seringkali disebabkan oleh virus, pemasangan mod, hingga kerusakan hardware.

1. Adanya kerusakan pada perangkat keras (hardware)

Kerusakan HP Xiaomi bootloop ini biasanya sangat sulit dideteksi karena memang terjadi pada bagian internal sistem. Penyebabnya bisa terjadi karena kegagalan perangkat keras dalam menjalankan sistem, hingga adanya perubahan pada struktur OS.

Kegagalan perangkat keras dalam menjalankan sistem operasi dapat dipastikan telah mengalami kerusakan pada komponen. Sedangkan berubahnya struktur kode pada OS bisa diakibatkan karena penggunaan mod, overcloking, backup system, hingga virus.

2. Terkena virus atau malware

Penyebab HP Xiaomi bootloop juga bisa terjadi karena terkena virus atau malware yang merusak sistem internal. Beberapa dari versi OS Android yang lama biasanya sangat lambat dalam merespon infeksi tersebut.

Sebagai informasi, virus atau malware biasanya memiliki karakteristik tertentu dengan menjadikan OS sebagai target utamanya. Secara umum adalah melakukan perusakan perangkat lunak, mengubah struktur kode, hingga menanamkan aplikasi berbahaya lainnya.

3. Memasang mod tertentu untuk mengubah sistem internal

Sistem operasi Android secara umum memang bisa diubah dengan cara memasang mod untuk mendapatkan fitur-fitur tertentu. Hanya saja, hal ini sangat rawan jika dilakukan karena berpotensi merusak struktur kode bawaannya.

Mod seringkali belum diuji secara benar dari sisi kompatibilitasnya dengan versi Android. Pada beberapa versi mungkin bisa berjalan dengan normal, namun belum tentu di versi lainnya sehingga menyebabkan kerusakan (bootlop).

Kerusakan pada ponsel pintar yang menjalankan Android seringkali terjadi karena adanya kesalahan selama pemakaian. Beberapa di antaranya bisa diperbaiki dengan cepat, tapi juga seringkali memakan waktu lama seperti HP Xiaomi bootloop di atas.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Suzuki GSX 150 Bandit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.