Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Agar Jeruk Keprok Cepat Berbuah Lebat

Cara Agar Jeruk Keprok Cepat Berbuah Lebat – Jeruk keprok sama seperti jenis-jenis jeruk lain dengan cita rasa asam dengan campuran sedikit manis. Buah keprok sebenarnya asli dari rumpun Melayu yang berkembang hingga ke seluruh dunia. Tanaman jenis ini membutuhkan sinar matahari dengan intensitas sedang agar bisa berkembang dengan baik. Buahnya berwarna merah muda dengan semburat warna oranye.

cara cepat agar buah jeruk perut berbuah lebat

Tidak jarang, jeruk keprok yang ditunggu-tunggu ternyata cukup lama berbuah, membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun tepatnya 4 tahunan. Namun, dengan memakai metode pelenturan cabang pada tanaman jeruk keprok, hasil panen bisa dipercepat yaitu sekitar 2,5 tahun saja. Metode ini cukup berhasil diterapkan di perkebunan jeruk Banaran daerah kota wisata Batu, Malang, Jawa Timur sebagai kebun percobaan.

Baca:Tips dan Cara Meningkatkan Produksi Tanaman Singkong

Nah, usut diusut, ada Cara Agar Jeruk Keprok Cepat Berbuah Lebat. Mari ikuti tips-tips untuk mempercepat pertumbuhan jeruk keprok di bawah ini:

1. Teknologi pelenturan cabang


Prinsipnya, cabang diganggu pada pertumbuhan jaringan floem dan xylem sehingga akan menambah kadar karbohidrat dalam tanaman. Karbohidrat ini akan meningkatkan cadangan makanan sehingga mempercepat tumbuhnya bakal buah.

2. Waktu pelenturan cabang


Untuk mengaplikasikan metode pelenturan cabang, sebaiknya selama 2-3 bulan tanaman tidak membutuhkan penyiraman air. Ketika musim kemarau di awal-awal musim, kondisi cabang akan lebih fleksibel dan lebih mudah dilenturkan karena tidak mudah patah. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah perubahan komposisi pupuk yang akan diberikan pada jeruk keprok agar bisa menghasilkan sifat fisiologis pada jeruk keprok dari fase pertumbuhan ke fase produksi.

3. Cara menerapkan pelenturan cabang


Mengingat cabang atau percabangan tanaman jeruk keprok pada saat awal musim kemarau cukup lentur dan fleksibel, maka teknik ini bisa diterapkan dengan mudah tanpa membutuhkan suatu keahlian khusus. Akan tetapi, perlu dibutuhkan ketelatenan dan kehati-hatian, agar jangan sampai cabang menjadi patah yang bisa menyebabkan kegagalan proses pelenturan cabang jeruk keprok ini. Di dalam lahan perkebunan percobaan di daerah Banaran, kota wisata Batu, Malang, Jawa Timur, sendiri proses ini dapat memperlihatkan hasil yang gemilang. Dalam tempo sekitar  dua tahun setengah saja sudah mampu menghasilkan buah yang siap panen. Jangka waktu ini lebih cepat 1,5 tahun jika dibandingkan dengan proses masa tanam jeruk keprok memakai teknik biasa/konvensional.

Apabila dipertimbangkan lebih jauh, dengan menerapkan teknologi pelenturan cabang pada tanaman jeruk keprok, maka biaya proses biaya produksi bisa ditekan hampir 30% lebih hemat ketimbang memakai teknologi pada umumnya. Dengan kata lain, semakin cepat tanaman jeruk keprok dapat dipanen, maka semakin banyak hasil atau keuntungan berlipat yang dapat diperoleh bagi para pembudidaya jeruk keprok. Dalam masa 4 tahun masa tanam jeruk keprok biasa hanya bisa dipanen satu kali, jika memakai metode pelenturan cabang dapat dipanen 2 kali.

Baca Juga:

Semoga informasi mengenai Cara Agar Jeruk Keprok Cepat Berbuah Lebat ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme