Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Jenis Tanaman Liar Yang Bermanfaat Untuk Obat Herbal

Jenis Tanaman Liar Yang Bermanfaat Untuk Obat Herbal – Selayaknya kita patut bersyukur bahwa alam telah menyediakan segalanya bagi kebutuhan umat manusia. tidak terkecuali, saat kita sakit. Alam bisa memberikan banyak manfaat termasuk kesembuhan.

jenis rumput liar untuk herbal

Berbagai Jenis Tanaman Liar Yang Bermanfaat Untuk Obat Herbal sudah diketahui sejak turun-temurun di berbagai belahan dunia. Bahkan, kini mulai marak budidaya tanaman herbal yang alami ketimbang mengonsumsi obat-obatan kimia yang bisa memberikan dampak negatif.

Mari kita simak Jenis Tanaman Liar Yang Bermanfaat Untuk Obat Herbal sebagai alternatif penyembuhan penyakit dibandingkan obat-obatan kimia:

Alang-alang / ilalang


Ilalang atau alang-alang merupakan sejenis rumput liar yang sering dianggap sebagai pengganggu atau gulma di lahan pertanian. Jika tumbuh tinggi, ilalang bisa menghambat pertumbuhan tanaman utama di lahann pertanian.

Manfaat alang-alang atau ilalang untuk obat herbal

Tanaman alang-alang atau ilalang pada bagian akar yang berwarna putih dengan ruas-ruas diketahui memiliki manfaat untuk mengobati panas dalam, sariawan, melancarkan kencing, serta meringankan gejala demam dan sakit ginjal. Bahkan, bisa dimanfaatkan untuk mengatasi pecah pembuluh darah di hidung hingga mimisan serta kencing berdarah.

Anting-anting


Tidak jauh beda dengan alang-alang, anting-anting juga merupakan tanaman liar yang dianggap gulma di lahan pertanian. Memiliki daun berbentuk bulat dan warna bunga hijau.

Manfaat anting-anting untuk obat herbal

Anting-anting bisa segera diambil untuk mengatasi pendarahan pada luka, mengatasi mimisan, membantu proses regenerasi kulit pada lecet, juga antibotik dan diuretik. Anting-anting terkadang juga dimanfaatkan untuk obat diare, radang tenggorokan, gatal-gatal serta batuk berdarah.

Bandotan / Babadotan


Bandotan lebih dikenal dengan wedusan di daerah Jawa. Dalam bahasa Inggris, tanaman ini disebut dengan Billygoat-weed atau whiteweed. Ciri-ciri utama tanaman ini adalah berbau seperti kambing. Hal ini karena di dalam tanaman ini mengandung zat senyawa alkaloid priolizidina yang memiliki sifat beracun. Untuk itu, kalangan pertanian di Barat kerap menjadikan tanaman ini sebagai bahan pembasmi hama/penyakit pada tanaman.

Manfaat bandotan untuk obat herbal

Tanaman bandotan kerap dijadikan obat yang mengatasi luka perdarahan. Selain itu, dapat meringankan sakit dada, sakit mata/iritasi mata atau obat sakit perut.

Bayam Duri


Bayam dikenal luas sebagai salah satu sayuran hijau yang bernutrisi dengan kandungan mineral zat besi yang tinggi. Ternyata, bayam duri juga bisa dimanfaatkan untuk pengobatan herbal.

Manfaat bayam duri untuk obat herbal

Bayam berduri ternyata tidak seseram kelihatannya. Di dalam akar bayam duri, manusia bisa mendapatkan manfaat untuk mengobati wasir, bisul, hingga iritasi kulit seperti eksim. Untuk kebersihan gigi dan mulut, serta mengobati demam, kutil dan meringankan sakit luka bakar. Bahkan, bagi ibu yang sedang menyusui, mengonsumsi bayam duri bisa melancarkan Air Susu Ibu agar dapat memenuhi kebutuhan asupan nutrisi si kecil.

Baca Juga:

Semoga Jenis Tanaman Liar Yang Bermanfaat Untuk Obat Herbal bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme