Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Mengendalikan Ulat Grayak Pada Tanaman Bawang Merah

Cara Mengendalikan Ulat Grayak Pada Tanaman Bawang Merah – Ulat grayak atau ngengat Spodoptera exigua L merupakan salah satu jenis hama yang sangat meresahkan para petani bawang merah. Bagaimana tidak? Dalam 3 hari saja, ratusan telur ngengat bisa berkembang biak. Tidak heran jika hanya dalam hitungan minggu serangan ulat grayak bisa sulit dikendalikan dan menyebabkan kerugian panen bawang merah yang tidak sedikit.

pengendalian ulat grayak pada tanaman bawang merah

Menggunakan pembasmi hama alami ataupun kimia ternyata tidak mampu mengatasi serangan ulat yang juga dikenal dengan sebutan ulat tentara ini. Lalu, apa langkah tepat atau Cara Mengendalikan Ulat Grayak Pada Tanaman Bawang Merah? Berikut ulasannya, simak yuk…

Baca: Cara Budidaya Bunga Potong Gerbera

Cara Mengendalikan Ulat Grayak Pada Tanaman Bawang Merah dengan lampu perangkap

Teknologi lampu perangkap bisa menjadi langkah alternatif yang ampuh mengurangi populasi ulat grayak pada tanaman bawang merah. Caranya, lampu perangkap dinyalakan pada malam hari, kemudian ulat-ulat grayak akan mendekat dan jatuh ke dalam wadah yang berisi air dan berada di bawah lampu.

Cara Mengendalikan Ulat Grayak Pada Tanaman Bawang Merah dengan perangkap feromon

Perangkap feromon menggunakan sifat alamiah serangga jantan yang selalu berkomunikasi dengan serangga betina. Dalam semalam, perangkap feromon mampu menangkap hingga 400 lebih serangga jantan. Caranya mirip seperti perangkap lalat buah. Perangkap ini akan diisi air sabun untuk mencegah serangga jantan bisa terbang lagi. untuk lahan 1 hektar, diperlukan antara 12 hingga 25 perangkap. Feromon sendiri merupakan atraktan yang dirancang khusus untuk mengendalikan populasi ulat grayak.

Cara Mengendalikan Ulat Grayak Pada Tanaman Bawang Merah dengan pergantian tanaman

Para petani dianjurkan untuk tidak menanam bawang merah terus menerus di lahan yang sama. Populasi ulat grayak dapat dikendalikan dan dikurangi jika melakukan pergantian jenis tanaman dalam satu lahan. Hal ini untuk memutus siklus hidup ulat grayak.

Cara Mengendalikan Ulat Grayak Pada Tanaman Bawang Merah dengan insektisida kimia

Langkah terakhir adalah memakai pembasmi kimia dengan metode-metode yang tepat agar ulat grayak bisa benar-benar dibasmi. Ada banyak jenis insektisida kimia seperti larvin, Pegasus, raydent dan sebagainya. Meskipun praktis dan cepat, namun jika langkah penggunaannya tidak tepat, maka ulat grayak masih bisa berkembang.

Berikut tips Cara Mengendalikan Ulat Grayak Pada Tanaman Bawang Merah dengan insektisida kimia

  1. Pilih kandungan insektisida aktif untuk membasmi hama ulat grayak
  2. Takaran harus sesuai dosis
  3. Sesuaikan volume semprot dengan instruksi atau petunjuk
  4. Penyemprotan sebaiknya dilakukan pada malam hari dan mengikuti arah angin.
  5. Pakailah jenis insektisida berbahan aktif yang berlainan. Jika memakai bahan insektisida yang sama terus-menerus dikhawatirkan ulat grayak justru akan kebal.

Baca Juga:

Semoga Cara Mengendalikan Ulat Grayak Pada Tanaman Bawang Merah  yang kami sampaikan berguna dan  bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme