Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya Bunga Potong Gerbera

Cara Budidaya Bunga Potong Gerbera – Bunga gerbera atau yang lebih dikenal dengan gebras atau hebras merupakan salah satu tanaman hias yang sangat digemari untuk industri dekorasi. Baik itu untuk hiasan ruangan, hiasan papan ucapan, atau buket bunga. Bahkan, produsen-produsen kosmetik juga turut melirik bunga potong gerbera sebagai bahan industri wewangian dan kosmetika.

cara budidaya bunga potong gabera

Mengingat tanaman hias gerbeda yang menjadi komoditi bunga potong unggulan di Jerman dan Belanda, tidak aneh jika banyak petani bunga yang mencoba untuk membudidayakan sendiri bunga potong gerbera.

Baca:  Teknik Pengapuran Lahan Kering dan Masam Untuk Budidaya Kedelai

Umumnya, bunga potong gerbera bisa tumbuh di daerah pegunungan yang berhawa sejuk dan dingin. Suhu yang disukai antara 13 sampai 18 derajat celcius. Sementara, daerah yang paling tepat adlah yang berada di antara 560 sampai 1400 meter di atas permukaan laut dengan jenis kondisi tanah lempung berpasir yang banyak mengandung humus dan bahan-bahan organik.

Cara Budidaya Bunga Potong Gerbera

Untuk memperbanyak atau membudidayakan bunga potong gerbera, para petani bisa melakukan 2 cara yaitu generatiF melalui biji dan vegetatif dengan kultur jaringan. Pemisahan dengan anakan atau melalui rimpangnya, lebih diminati karena lebih cepat menghasilkan bunga.

Adapun dalam persiapan lahan bunga, diperlukan naungan atau atap yang terbuat dari plastik transparan panjang. Biasanya, para petani bunga gerbera membuat naungan ini untuk melindungi bunga gerbera dari paparan sinar matahari yang terlalu terik dan mengurangi kuatnya air hujan yang terlalu deras, serta menangkis adanya serangan hama atau penyakit.

Cara Budidaya Bunga Potong Gerbera Di Lahan Bedengan

  • Langkah awal, lahan dilubangi sedalam kira-kira 3 cm dengan lebar sekali ayunan cangkul. Jarak tanam sekitar 25 cm dan 40 cm antara rentang barisan.
  • Bibit bunga gerbera, dimasukkan ke dalam lubang tanam. Kemudian padatkan tanah di sekitar pangkal batang bunga gerbera.
  • Lahan kemudian disiram untuk menjaga kelembapan tanah.

Cara Budidaya Bunga Potong Gerbera Di Dalam Polybag

  • Ambil bibit bunga gerbera, kemudian tanam di dalam polybag
  • Kemudian polybag disiram agar cukup kelembapan tanah
  • Sekitar 10-15 hari, seharusnya bisa muncul tunas-tunas muda.

Cara Pemetikan Budidaya Bunga Potong Gerbera

Untuk memetik bunga gerbera yang sudah siap panen, sebaiknya dipilih waktu pagi dan sore hari. Pasalnya, pada saat-saat ini bunga gerbera masih menyimpan cadangan air sehingga tidak cepat layu. Rata-rata umum waktu potong atau waktu petik bunga gerbera antara pukul 6 sampai 8 pagi atau jam 4 -5 sore.

Ciri-ciri bunga gerbera yang siap dipetik adalah ketika mahkota bunga sudah mekar penuh atau setengah, ¾ mekar, atau bahkan kadang sesuai permintaan pasar. Potonglah tangkai bunga gerbera secara miring memakai alat pemotong seperti pisau atau gunting yang tajam dan bebas kuman. Kemudian, rendam hingga sebatas pangkal bunga untuk mencegah bunga potong gerbera cepat layu sejak proses panen.

Baca Juga:

Semoga informasi mengenai Cara Budidaya Bunga Potong Gerbera ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme