Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com

Kandungan Dan Khasiat Biji Rambutan Untuk Mengatasi Diabetes dan Sakit Pinggang

Kandungan Dan Khasiat Biji Rambutan Untuk Mengatasi Diabetes dan Sakit Pinggang –Buah rambutan banyak dibudidayakan di daerah tropis seperti Asia dan Amerika Selatan. Kulit luar yang menyerupai rambut membuatnya dikenal luas sebagai buah rambutan. Rasanya pun manis dengan sedikit rasa asam yang menyegarkan. Tidak heran jika banyak orang yang menyukai buah berwarna daging putih dan berwarna kulit merah merona ini.

kandungan dan senyawa biji rambutan untuk kesehatan

Sekalipun banyak disukai karena rasanya yang manis, ternyata biji rambutan juga memiliki banyak khasiat yang diburu para penderita diabetes dan ssakit pinggang. Nah, apa saja khasiat biji rambutan dan kandungan di dalam biji rambutan yang bisa dimanfaatkan. Berikut ini ulasannya…

Baca: Cara Mengendalikan Ulat Grayak Pada Tanaman Bawang Merah

Daging buah rambutan

Menurut penelitian, daging buah rambutan ternyata memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Di antaranya karbohidrat, lalu serat dan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, C, dan macam-macam mineral sebut saja, kalsium, magnesium, zinc, plus fosfor, zat besari dan potasium. Aneka kandungan nutrisi yang lengkap ini bisa membantu para penderita diabetes untuk mengendalikan nafsu makan. Seperti yang diketahui, para penderita diabetes diharuskan menjaga pola makan dengan gaya hidup sehat yang didominasi menu-menu buah dan sayuran. Rambutan bisa dijadikan camilan sehat di kala jam selingan atau jam mengemil agar tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan yang manis.

Biji rambutan

Saat mengonsumsi rambutan, seringkali sebagian besar masyarakat membuang bijinya. Biji yang terbungkus oleh daging buah ini memang keras, pahit dan sekilas tidak memiliki manfaat yang lebih. Akan tetapi, menurut sebuah studi, biji buah rambutan yang memiliki rasa pahit ini justru sangat baik bagi kesehatan. Terlebih lagi, sangat bagus apabila dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Kenapa demikian? Pasalnya, di dalam biji buah rambutan terdapat komposisi kimia alami yang seimbang antara 3 hingga 40 persen kandungan pati alami, serat dan lemak alami, serta asam stearic. Para penderita diabetes diuntungkan dengan adanya kandungan serat dalam biji rambutan dan lemak alami untuk menyeimbangkan sistem metabolisme tubuh yang bisa menjaga keseimbangan kadar gula atau insulin dalam darah. Bahkan, konon masyarakat di provinsi Aceh, tepatnya suku Gayo Lues sudah turun-temurun mengetahui bahwa biji rambutan yang tinggi serat sangat baik untuk mengobati diabetes mellitus atau diabetes tipe 2.

Senyawa biji rambutan

Berdasarkan studi yang memakai biji rambutan sebagai bahan percobaan, ternyata di dalam biji rambutan mengandung lemak murni, protein, serat dan pati alami serta stearic acid. Bahkan, ada sejumlah kandungan antioksidan di dalamnya. Menurut Pram Pramono, seorang pakar gizi terkenal, biji rambutan yang telah diekstrak mengandung senyawa antioksidan berupa flavonoid dan fenolik. Kedua komposisi kimia ini yang bisa membentuk ekstrak methanol yang akan menjaga keseimbangan gula darah pasien diabetes mellitus. Selain itu, biji buah rambutan juga bagus untuk mengatasi sakit pinggang.

Baca Juga:

Semoga informasi tentang Kandungan Dan Khasiat Biji Rambutan Untuk Mengatasi Diabetes dan Sakit Pinggang dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme