Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Ampuh Mengatasi Busuk Buah Pada Tanaman Cabe

Cara Ampuh Mengatasi Busuk Buah Pada Tanaman Cabe – Busuk buah merupakan salah satu jenis penyakit yang berasal dari organisme penganggu tanaman penyebab penyakit, busuk buah biasanya akan menyerang dari beberapa tanaman terutamanya tanaman cabe. Busuk buah biasanya akan menyerang tanaman cabe yang masih muda, tua dan sudah hampir matang sempurna.

busuk buah

Sumber gambar : mitalom.com

Ketika tanaman cabe sudah menunjukan beberapa gejala mulai dari buah yang mudah, maka sudah lama terinfeksi penyakit busuk buah tersebut. Penyakit busuk buah tersebut akan mengakibatkan penurunan kualitas buah, produktivitas menurun, kegagalan panen bahkan akan mempercepat kematian tanaman. Penyakit busuk buah pada tanaman cabe dapat di kelompokan menjadi dua bagian yaitu penyakit busuk buah di karenakan terinfeksi bakteri, dan penyakit busuk di akibatkan lalat buah.

Baca : Cara Ampuh Mengatasi Hama Tikus Pada Tanaman Padi

1. Busuk di akibatkan infeksi bakteri


Penyakit busuk yang diakibatkan bakteri, biasanya bakteri tersebut berupa bakteri Erwinia carotovora. Bakteri ini akan menyerang tanaman cabe yang masih berbuah muda dan sudah hampir matang, yang akan menunjukan gejala awal yaitu tangkai buah akan membusuk atau kering, pangkal ujung berwarna kecoklatan hitaman, dan kelopak buah akan mengalami perubahan warna. Penyakit busuk yang diakibatkan infeksi bakteri ini jika tidak di atasi akan mengakibatkan buah akan mengalami kebusukan yang parah, kegagalan panen, dan bahkan buah cabe akan berjatuhan.

Pengendalian :

  • Menggunakan bibit unggulan tahan terhadap bakteri.
  • Melakukan sanitasi dengan menjaga kebersihan lingkunan dan lahan tanaman.
  • Melakukan penanaman tidak terlalu rapat, terutamanya pada musim penghujan.
  • Melakukan pemusnahan buah yang sudah terinfeksi atau membuangnya pada daerah yang jauh.
  • Menggunakan metode penanaman mulsa plastik, untuk mengurangi kelembabapan media tanah.
  • Melakukan penyemprotan dengan bakterisida, terutamanya agrimycin, kuprocat, plantomycin dan lainnya sesuai dengan dosis yang ditentukan.

2. Busuk di akibatkan lalat buah


Busuk di akibatkan lalat buah  merupakan salah satu masalah atau gangguan yang sering terjadi pada berbagai tanaman hultikulatur, terutamanya pada tanaman cabe. Lalat buah akan menyerang tanaman cabe yang masih berbuah muda hingga tua, gejala yang akan di timbulkan adalah buah berwarna kekuningan, kecoklatan, dan ada beberapa lubang pada buah serta buah akan berbentuk abnormal. Buah yang sudah terinfeksi lalat buah akan mengalami perubahan yang sangat berbeda, hal ini di karenakan lalat buah akan berkembangbiak di dalam buah – buah yang sudah di terkena oleh lalat buah tersebut.

Pengendalian :

  • Memilih bibit atau benih tahan terhadap serangan penyakit lalat buah.
  • Melakukan sanitasi kebun atau lingkungan sekitarnya.
  • Melakukan penanaman dengan metode yang tepat, dan tidak bekas dari tanaman lainnya sebelumnya.
  • Melakukan pemasangan perangkap lalat buah.
  • Penyemprotan insektisida berbahan aktif, misalnya prefonofos, metamil dan lainnya dosis sesuai dengan petunjuk.

Baca juga

Itulah cara ampuh mengatasi busuk buah pada tanaman cabe semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme