Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Ampuh Mengatasi Hama Tikus Pada Tanaman Padi

Cara Ampuh Mengatasi Hama Tikus Pada Tanaman Padi – Hama tikus merupakan salah satu gangguan atau masalah yang sangat besar di hadapi para petani padi, bahkan tanaman lainnya. Hama tikus akan mengakibatkan kegagalan panen, pertumbuhan lambat, produktivitas menurun dan bahkan akan mengakibatkan kematian pada tanaman.

2.1

Sumber gambar : kendalikantikus.blogspot.com

Biasanya hama tikus ini akan menyerang bagian akar dan batang yang akan menggerokoti bagian tersebut hingga habis dan lama – kelaman akan mengakibatkan tanaman mati. Pengendalian hama tikus ini sebenarnya sangat beragam jenis mulai dari menggunakan baham kimia maupun bahan alami, serta pembuatan perangkap pun bisa untuk mengatasi tikus tersebut. Namun ada beberapa cara ampuh untuk mengatasi atau pengendalian  hama tikus adalah sebagai berikut :

Pengendalian atau pencegahan hama tikus pada tanaman padi 


  • Melakukan penanaman padi dengan serempak dengan menggunakan bibit tahan terhadap hama.
  • Melakukan sanitasi habitat ( lingkungan ), biasanya dilakukan dengan baik selama musim tanam padi. Dengan cara membersihkan tanggul irigasi, jalan sawah, batas persawahan, pematangan, parit dan lainnya.
  • Pembasmian masal, dilakukan dengan cara pengalian sarang, pemukulan, penjeratan, pengoboran malan, perburuan dengan anjir atau kucing dan sebagainya.
  • Pengomposan efektif bertujuan untuk membutuh tikus dewasa dan anak- anaknya di dalam sarang. Biasanya dilakukan dengan cara menutup lubang dengan lumpur dan mendiamkan beberapa hari, agar tikus mati di dalamnya tanpa mengeluarkannya.
  • Memanfaatkan musuh alami, cara ini memang sangat mudah untuk membasmi atau membunuh tikus dengan cepat. Biasanya musuh alami dari tikus sawah adalah tipe pemangsa yaitu ular, burung hantu, burung elang, kucing, anjing dan lain – lain
  • Pemberian racun tikus yang di campurkan beberapa makanan yang di sukai tikus, racun tersebut biasanya bisa di dapatkan di tokoh terdekat dan pemberian dosis sesuai dengan petunjuk.
  • Melakukan penyemprotan herbisida, peptisida, dan lainnya untuk meghindari serangan dari berbagai macam hama dan penyakit lainnya.

Baca juga :

Itulah cara ampuh mengatasi hama tikus pada tanaman padi semoga informasi kami berguna dan bermanfaat bagi para tani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme