Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Gandum

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Gandum – Gandum adalah salah satu tanaman yang termasuk dalam suku padi – padian yang memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Gandum ini biasanya digunakan untuk memproduksi repung terigu, pakan ternak maupun digunakan untuk fermentasi alhkohol.

1

Secara umumnya, tanaman gandum ini dapat diklasifikasikan berdasarkan bntuk tekstuk biji gandum ( kernel ), warna kulit biji ( bran ) dan musim tanam. Berdasarkan tekstur biji gandum dapat diklasifikasiakan menjadi tiga bagian yaitu hard, soft, dan drum, sedangkan berdasarkan warna kulit biji gandum terbagi menjadi dua warna yaitu merah dan putih. Selain itu, gandum juga di bagi dalam musim penanaman yaitu musim dingin dan musim semi. Berdasarkan pakar botani, secara sisitematisnya tanaman gandum ini dapat diklasifikasi dan morfologi diantaranya adalah :

Klasifikasi tanaman gandum

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Subkingdom : Tracheobionta ( Tumbuhan berpembuluh )

Super Divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Liliopsida ( berkeping satu/ monokotil )

Sub kelas : Commelinidae

Ordo : Poales

Famili : Poaceae

Genus : Tricitium

Spesies : Triticium aestivum L

Morfologi tanaman gandum

Morfologi tanaman gandum, dapat dilihat berdasarkan ciri – ciri tanaman gandum dan desripsi tanaman gandum diantaranya adalah :

1. Akar

Akar beruas, berserabut, melebar, dengan panjang 1-2 cm bahkan lebih berwarna putih kotor hingga kecoklatan. Selain itu, perakaran ini juga bermanfaat untuk menyimpan air dan menyerap air didalam tanah.

2. Daun

Daun tumbu tegak, melengkung, memanjang, berbentuk garis seperti pita, memiliki pertulangan panjang dengan panjang mencapai 30-60 cm berwarna hijau mudah hingga tua. Daun ini memiliki permukaan halus, bulu halus, dan juga melengkung hingga permukaan tanah.

3. Batang

Batang beruas, berbetuk bulan memanjang dengan diamater 1-2 cm, panjang batang 3-5 cm bahkan lebih, berwarna kehijaun muda dengan tekstur lunak, lembut dan terdapat bulu – bulu halus di permukaanya.

4. Bunga

Bunga majemuk, yang berkumpul dalam setiap bagian malai, bunga ini berwarna kehijauan hingga kecoklatan, dengan satu tandan panjang 1-2 cm, yang tersusun selang seling. Bunga ini melakukan penyerbukan dengan sendirinya tanpa bantuan dari hewan maupun angin. Biasanya bunga ini akan muncul setelah penyerbukaan beberapa hari kemudian.

5. Biji

Biji berbentuk bulat oval dengan panjang 6-8 mm, diameter 2-3 mm, keras, dan juga memiliki 3 bagian utama yaitu bran, endospermae dan germ. Biji ini berwarna kecoklatan hingga kehitaman muda, biasanya biji ini juga sangat sulit dipisahkan dengan kulitnya. Sehingga jika ingin memisahkan antara biji dengan kulit harus dilakukan pengeilingan terlebih dahulu.

Baca juga :

Itulah klasifikasi, morfologi, deskripsi dan ciri –ciri tanaman gandum semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme