Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kumis Kucing

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kumis Kucing – Tanaman kumis kucing adalah tanaman obat yang banyak digunakan untuk menyembuhkan dan mengatasi beberapa penyakit dengan baik. Tanaman ini termasuk dalam famili Lamiaceae dengan ordo Lamiales yang memiliki bentuk hampir menyerupai kumis kucing.

1

Tanaman ini terkenal karena memiliki kandungan yang tinggi dan juga merupakan obat alternatif untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti ginjal, anti radang, memperlancark air seni dan lainnya. Berdasarkan tingkat taksonominya, tanaman kucing ini dapat diklasifikasi dan morfologi sebagai berikut :

Klasifikasi tanaman kucing

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Subkingdom : tracheobionta ( Tumbuhan berpembulu )

Super Divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua / dikotil )

Sub kelas : Asteridae

Ordo : Lamiales

Famili : Lamiaceae

Genus : Orthosiphon

Spesies : Orthosiphoon staineus Benth.

Morfologi tanaman kumis kucing

Morfologi tanaman kumis kucing, dapai dilihat berdasarkan ciri – ciri tanaman kumis kumis diantara yaitu :

1. Akar

Akar tunggang, berbetuk bulat, dan berserabut banyak. Akar tanaman ini berdiamater 1-2 mm dengan pangkal ujung kecil yang berwarna kekuningan dengan panjang mencapai 25 – 30 cm yang akan menembus permukaan tanah

2. Batang

Batang berbentuk segi empat, berwarna keungguan hingga kehijauan dengan diameter 1-2 cm, bercabang banyak dan terdapat ruas pada bagian bawah batang. Selain itu, batang tumbuh dengan tegak mencapai ketinggian 2-3 meter bahkan lebih tergantung jenis dan varietesnya.

3. Daun

Daun berbentuk oval memanjang dengan panjang 1-2 cm, memiliki bagian tepi merata, dan juga pertulangan yang tampak berwarna keputihan. daun ini berwarna hijau muda hingga hijau tua. Daun juga memiliki pertangkai pendek dengan panjang kurang dari 1 cm dengan warna kecoklatan hingga kehijaun.

3. Bunga

Bunga terdiri dari dua bagian yaitu bunga tunggal dan bunga majemuk. Bunga tunggal berbentuk bibi, mahkota berwarna putih hingga keungguan, bagian tas di tutupi dengan rambul halus dan pendek berwarna keungguan. Sedangkan bunga majemuk berwarna putih keungguan, panjang menca[ai 7-29 cm dan di tutupi rambut halus dengan panjang 1-6 mm, kelopak bunga berurat, pangkal rambut pendek dan juga jarang.

4. Biji

Biji berwana kehitaman, berbentuk pipih dan juga lonjong yang berukuran 1-2 mm bahkan lebih. Biji ini dapat di perbanyak secara generatif.

Baca juga :

Itulah klasifikasi, morfologi, deskripsi dan ciri – ciri tanaman kumis kucing semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme