Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Lavender

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Lavender – Bunga lavender, lavendel ( lavandula ) adalah salah satu tanaman hias yang terkenal dan populer dimanapun. Bunga ini termasuk dalam suku lamiaceae yang memiliki banyak spesies yang menyebar diberbagai daerah sekitar 25-30 spesies. Bunga ini diperkirakan berasal dari Wilayah Selatan laut tengah yang menyebar hingga Afrika tropis hingga ke timur sampai India.

1

Tanaman ini hingga sampai saat ini menyebar luas keberbagai daerah, selain itu tanaman ini merupakan tanaman yang termasuk dalam genus tumbuhan menahun, tumbuhan jenis rumput – rumputan, semak pendek dan semak kecil. Berdarkan penelitian pakar botani, bunga lavender ini dapat diklasifikasi dan morfologi adalah sebagai berikut :

Klasifikasi bunga lavender

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Subkingdom : Tracheobionta ( Tumbuhan berpembuluh )

Super divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua/dikotil )

Sub kelas : Asteridae

Ordo : Lamiales

Famili : Lamiaceae

Genus lavandula

Spesies : Lavandula angustifolia Mill.

Morfologi bunga lavender

Morfologi bunga lavender ini dapat dilihat berdasarkan ciri – ciri bunga levender diantaranya yaitu :

1. Akar

Akar tanaman tunggang, berserabut, dengan panjang mencapai 1-2 m bahkan lebih, berwarna putih kotor hingga kecoklatan. Akar bunga ini bermanfaat untuk menyokong tanaman lebih kuat dan membantu menyerap unsur hara atau air dalam tanah.

2. Batang

Batanga berkayu, berbentuk bulat memanjang dengan diameter 3-4 mm bahkan lebih, panjang batang mencapai 60 – 80 cm dan tumbuh dengan tegak. Batang tanaman ini juga memiliki percabangan banyak yang berguna untuk pertumbuhan daun.

3. Daun

Daun berbentuk bulat oval, memanjang, pertulangan sejajar, pangakal daun meruncing, bagian tepi mergerigi, memiliki permukaan halus dan lembut berwarna hijau muda hingga tua. Selain itu, bagian bawah daun bunga lavender ini memiliki pertulangan daun yang menonjol berwarna keputihan.

4. Bunga

Bunga kecil, berwarna keunggu biruan, bunga ini tersusun dari beberapa jumlah kuntum berkisara 6-10 kuntum yang berbentuk spiral. Bunga ini tumbuh dibagian ujung cabang, bunga juga memiliki bulu halu s berjumlah banyak dan berwarna keputihan. Bunga ini dapat di perbanyak secara generatif ( menggunakan biji )

Baca juga :

Itulah klasifikasi, morfologi, deskripsi, dan ciri –ciri bunga lavender semoga informasi kami berikan berguna dan bermanfaat.

2 Comments

Add a Comment
  1. dona

    ada daftar pustakanya gak ya? butuh daftar pustakanya juga 🙂 terima kasih

    1. fredikurniawan

      Iya gan besok ane tampilkan daftar pustaka atau referensinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme