Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Rumput Jarum

Klasifikasi dan Morfologi Rumput Jarum – Rumput jarum adalah salah satu tumbuhan yang biasanya di gunakan sebagai pakan ternak, namun tumbuhan ini juga merupakan tumbuhan yang menganggu atau menghambat pertumbuhan tanaman budidaya ( gulma ). Tumbuhan rumput jarum ini termasuk dalam suku Poaceae dengan ordo Poales yang dapat tumbuh dengan cepat di berbagai media tanah apapun baik kering maupun ditempat yang lembab.

1

Berdasarkan beberapa penelitian, rumput jarum ini secara sistematis dapat ditentukan tingkatanya berdasarkan klasifikasi, morfologi, dan deskiripsi serta ciri – ciri tumbuhan rumput jarum ini adalah sebagai berikut:

Klasifikasi rumput jarum

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Sub kingdom : Tracheobionta ( Tumbuhan berpembulu )

Super divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliopsida ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Liliopsida ( berkeping satu/ monokotil )

Sub kelas : Commelinidae

Ordo : Poales

Famili : Poaceae ( suku rumput – rumputan )

Genus : Andropogon

Spesies : Andropogon aciculatus

Morfologi rumput jarum

Rumput jarum ini memiliki morfologi dan ciri – ciri sebagai berikut :

1. Akar

Akar tunggal, kuat, dapat berkembangbiak dengan tunas baru. Perakaran tanaman ini berserabut dan tumbuh menyamping dengan kedalaman mencapai 30 -60 cm bahkan lebih, akar ini berwarna keputihan kotor hingga kecoklatan.

2. Batang

Batang berbentuk tegak, lurus, dengan diameter 1-2 mm dengan panjang mencapai 30-60 cm bahkan lebih tergantung dengan pertumbuhan. Batang ini berwarna kehijuan muda hingga tua, yang memiliki beberapa tangkai muda untuk menyokong daun yang tumbuh.

3. Daun

Daun berbentuk pita bergaris, pangkal daun meruncing, dengan ukuran rata – rata mencapai 2-20 cm dengan lebar 4-9 mm. Daun ini tumbuh rapat, yang hampir menutupi permukaan tanah dan bagian rimpangnya. Daun berwarna hijau muda hingga tua dengan bagian permukaan merata dan pertulangan memanjang atau bergaris dari pangkal atas kebawah atau sebaliknya dengan warna keputihan.

4. Bunga

Bunga rumput ini terdiri dari 3 warna yaitu kekuningan, kemerahan dan putih. Bunga rumput jarum majemuk, muncul pada bagian ujung batang, yang tersusun dalam tandan atau malai yang bercabang banyak. Bunga ini berukuran 5-12 cm dengan tangkai berbulu yang berwarna keungguan dan berbentuka bulir bunga lanset yang meruncing.

Baca juga :

Itulah klasifikasi, morfologi, dan ciri – ciri rumput jarum semoga informasi kami bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme