Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Ikan tenggiri

Klasifikasi dan Morfologi Ikan tenggiri – Ikan tenggiri adala jenis ikan laut yang banyak ditemukan di berbagai daerah perlautan, namun di Indonesia ikan ini paling banyak ditemukan di Gorontalo. Ikan ini termasauk dalam marga scombreromarus dengan suku ( famili ) scombridae. Ikan ini juga masih kerabat dekat dengan ikan tuna, ikan tongkol, ikan madidihang, ikan makerel dan ikan kebung.

1

Secara umumnya, ikan ini terbagi menjadi dua bagian yaitu ikan berdaging merah ( gelap ), dan ikan berdaging putih ( terang ). Selain itu, ikan ini juga memiliki kandungan senyawa yang banyak seperti lemak, glikogen, dan vitamin. Berdasarkan penelitian dari Sheedy, 2006 ikan tenggiri ini dapat diklasifikasi, morfologi, deskripsi dan ciri – ciri sebagai berikut :

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actunopterygii

Ordo : Perciformes

Famili : Scombridae

Genus : Scomberomorus

Spesies : Scomberomorus commerson

Morfologi ikan tenggiri

Ikan tenggiri memiliki bentuk memanjang, daging kulit licin, tidak memiliki sisik kecuali sisik pada gurat sisi yang kecil, sirip punggung ada dua, letal berdekatan dengan bagian depan yang diskong dengan jari – jari keras berjumlah 16-17 buah, yang belakang diskong dengan 3-4 jari – jari keras dan 13-14 jari – jari lunak. Sirip dubursama besar dengan sirip punngung yang belakang, dan disebelah belakangnya terdapat sirip tambahan sebanyak 9-10 buah.

Siri ekor bercagak dua berlekuk dalam dengan kedua ujung sirip – siripnya yang panjang. Mulut lebar, rahang bagian atas dan rahang bagia bawag bergerigi tajam dan kuat, langit – langit bergerigi kecil – kecil. Warna punggung kebiru – biruan, pinggirian tubuh dan perut berwarna perak. Jenis ikan tergolong ikan yang besarm, panjang tubuh dapat mencapai 150 cm.

Baca juga :

Informasi Tambahan :

Ikan tenggiri ini termasuk ikan perangan tercepat dan juga termasuk ikan buas, predator dan karnivora. Ikan ini juga memiliki peranana yang sangat penting yang baik dikonsumsi dengan cara diasinkan dan juga dapat dikonsumsi dengan olahan lainnya.

Itulah klasifikasi, morfologi, deskripsi dan ciri – ciri ikan tenggiri semoga informasi kami bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme