Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Vanili

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Vanili – Tanaman vanili adalah tanaman yang menghasilkan bubuk vanili yang biasanya dijadikan pengharum makanan. Bubuk yang dihasilkan tanaman vanili ini berasal dari buah yang berbentuk polong. Tanaman vanili ini merupakan tanaman tahun yang tergolong dalam jenis suku orchideceae yang memiliki berbagai macam spesies ( lebih dari 1500 spesies ).

1

Tanaman vanili ini pertama kali ditemukan oleh orang – orang Indian yang berasal dari Meksiko, meraka menyebutkan tanaman ini dengan sebutan panili atau perneli. Berdasarkan penelitian tanaman vanili ini dapat diklasifikasi, morfologi, dan deskripsi serta ciri – ciri tanaman vanili diantaranya sebagai berikut :

Klasifikasi tanaman vanili

Kingdom : Plantae

Subkingdom : Tacheobionta ( Tumbuhan berpembuluh )

Super divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliopsida ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Liliopsida ( berkeping dua/ dikotil )

Sub kelas : Liliidae

Ordo : Orchidales

Famili : Orchidaceae ( suku anggrek – anggrekan )

Genus : Vanilla

Spesies : Vanilla planifolia, Andrew

Morfologi tanaman vanilla

Tanaman ini dapat di ketahui morfologinya berdasarkan ciri – ciri tanaman vanila diantara yaitu :

1. Akar

Akar terdiri dari dua jenis, akan keluar dari ruas batang atau akar gantung, dan akan yang tersusun didalam tanah. Akar tanaman vanili ini tidak tunggang, dan kuat, serta berserabut. Selain itu, akar tanaman ini tumbuh dengan horizontal dengan panjang mencapai 1 – 2 m dengan tebal akar rata – rata 3-4 mm. Akar berwarna putoh kotor, berbulu, dan juga tumbuh dengan menjalar atau merambat.

2. Batang

Batang berbentuk silindris, beruas – ruas dan berbuku – buku berkisar 5-15 cm. Batang akar gemuk, bersifar sukulen ( berair ), lunak, berwarna hijau muda hingga tua yang berdiameter 1- 2 cm. Batang tanaman vanili ini juga dapat tumbuh dengan mata tunas baru.

3. Daun

Daun tunggal, berbentuk pipih, berdaging dan memiliki bentuk elips hingga lanset. Bagian ujung daun meruncing dan memiliki pangkal bulat, berwarna hijua muda hingga tua dengan panjang mencapai 10 -20 cm dengan lebar 5 – 7 cm. Daun ini juga memiliki pertulangan tidak halus, menjari, dan daun tumbuh dengan selang seling yang tersusun dari beberapa tulang daun sejajar.

4. Bunga

Bunga berbentuk terompet, berwarna puhi kehijaun, yang muncul pada pangkal ketiak daun. Bunga ini memiliki kuntum yang terdiri dari 6 helai daun tajuk, yang tersusun dari 15 -20 kuntum bunga per tangkai. Panjang tangkai mencapai 5-10 cm dan panjang bunga 3-5 cm, setiap batang akan memunculkan 5 tandan bunga yang akan menjadi bakal buah.

5. Buah

Buah berbentung polong, lunak, berdaging berwarna hijau muda hingga kecoklatan. Buah ini terdapat garis, bersiku tiga dan lurus memanjang, selain itu dalam setiap buah akan menghasilkan biji didalamnya sekitar 5-10 biji bahkan lebih dengan warna hitam mengkilap, keras, dan berbentuk bulat pipih atau oval

Baca juga :

Itulah klasifikasi, morfologi, dan deskripsi serta ciri – ciri tanaman vanili semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme