Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Cara Ampuh Mengatasi Hama Ulat Buah Jambu Madu

Cara Ampuh Mengatasi Hama Ulat Buah Jambu Madu –  Ulat buah (Helicoverpa armigera hubn) adalah salah satu hama yang sangat sulit dikendalikan dan sangat membuat resah para petani. Ulat buah bukan hanya menyerang buah saja, melainkan juga dapat menyerang daun, dan bunga sehingga tanaman abnormal dan rusak.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Daun Mint (Mentha piperita)

Ulat buah berwarna variasi, mulai berwarna coklat kehitaman, hijau kecoklatan dan hijau kekuningan. Daur hidup ulat berkisar 50-58 hari, ngengat bertelur hingga 500-1.000 butir telur. Berikut cara membasmi atau mengatasi hama ulat buah jambu madu.

Ciri-Ciri Serangan Ulat Buah

  • Buah terserang terdapat bintik-bintik hitam dan terdapat lubang kecil.
  • Buah terserang berwarna kecoklatan dan bahkan busuk.
  • Buah terserang jika di belah menjadi dua bagian akan terdapat busuk didalam dan ulat akan tampak.
  • Lambat penangganan akan membuat buah menjadi buah gugur dan gagal panen.

Cara Membasmi atau Mengatasi Ulat Buah Jambu Madu

1. Membasmi Secara Alami

Dengan cara membungkus buah yang belum diserang, dengan menggunakan plastik hitam atau putih. Dilakukan setelah fase buah akan mulai matang, sekitar 2-3 minggu sebelum masa panen.

2. Membasmi Secara Hayati

Dengan cara memanfaatkan musuh alami ulat buah, misalnya parasit seperti Trighograma  chilonis, Eriborus argenteopilosus, Metarhizium anispliae, Beauvirea bassiana dan sebagainya. Selain itu, bisa juga dengan jenis predsator seperti Mantidae, Asetidae dan Vespidae.

3. Membasmi Secara Mekanis

Dengan cara memusnahkan buah yang terserang, dipetik dan dijauhkan dari tanaman yang belum diserang. Selain itu membuat perangkap dengan memanfaatkan ketertarikan ngengat pada cahaya ultraviolet, menjaga kebersihan lahan dan membasmi membersih gulma disekitar tanaman.

4. Membasmi Secara Teknis

Dengan cara melakukan sistem tanam, secara tumpang sari dan menggunakan varietes yang toleran, misalnya tanaman berselingan antara tanaman jambu madu dengan tanaman mangga.

5. Membasmi Secara Kimiawi

Dengan cara menyemprotkan larutan insektisida golongan Peretroid jika tidak terlalu parah, seperti Anta 50EC, Diazinon 60EC, Ludo 310 EC dan insektida serangan parah, yaitu Arjuna 200EC, Bestocx 50EC, Biocron 500EC, Buldok 25EC, Dimacide 400EC, Diazinon 600EC, Decis 25EC, Detacron 500EC, Matador 25EC, Matarin 50EC dan sebagainya, pemberian dilakukan dengan dosis sesuai petunjuk dan ketentuan.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang Cara Ampuh Mengatasi Hama Ulat Buah Jambu Madu. semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme